PPDB 2020, Ombudsman Sumbar Datangi Disdik Padang


Selasa, 30 Juni 2020 - 17:24:37 WIB
PPDB 2020, Ombudsman Sumbar Datangi Disdik Padang Kantor Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat

HARIANHALUAN.COM - Sebagai Lembaga Negara yang memiliki kewenangan dalam Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, Ombudsman RI Perwakilan Provinsi Sumatera Barat melakukan koordinasi dan pemantauan PPDB 2020 pada Dinas Pendidikan Kota Padang, Rabu (24/06/2020) lalu.

Dalam pantauan Ombudsman, Penyelenggaraan PPDB 2020 pada Disdik Kota Padang berjalan lancar, terkait zonasi dengan kuota sebanyak 50 persen untuk SMP, Disdik Kota Padang melakukannya sesuai dengan Kelurahan dan berdasarkan tempat tinggal calon siswa. Hal itu disebabkan karena tidak seluruh Kelurahan di Kota Padang yang memiliki SMP, hanya sekitar 36 kelurahan saja. 

Hal inipun telah disosialisasikan kepada RT/RW dan Kelurahan. Setiap calon siswa berhak mendaftarkan dirinya pada sekolah yang ada pada lima Kelurahan tempat tinggal dan kelurahan tetangga, kata Asisten Ombudsman Sumbar, Kortim Pengawasan PPDB 2020, Syauqi Al Faruqi, Selasa (30/6/2020).

Selanjutnya untuk Jalur Afirmasi atau kurang mampu disiapkan kuota sebanyak 15 persen, bagi calon siswa baru yang ingin mendaftarkan diri pada jalur ini, dapat dilakukan dengan menyertakan data keluarga kurang mampu, selanjutnya pihak Disdik Kota Padang akan memverifikasi data dan disesuaikan dengan data yang didapat dari Kementerian Sosial RI.

"Untuk Jalur Perpindahan tugas Orangtua/Wali dibuka sebanyak 5 persen dan sisanya untuk jalur Prestasi sekitar 30 persen. Untuk Tahfidz dan non akademik telah dilakukan dengan pelaksanaan secara luring (offlline) dan saat ini tinggal menunggu seleksi untuk akademik yang akan dilakukan secara daring (online)," tambahnya.

Terkait pengelolaan pengaduan, pihak Disdik Kota Padang membuka layanan secara Daring (online) dan Luring (offline). Pengaduan dapat disampaikan melalui Sosial Media Disdik Kota Padang. Setiap pendaftar yang melakukan pengaduan langsung dibantu oleh admin (Admin IT yang bertugas sebagai pengelola pengaduan daring). 

Selain itu, pengaduan juga dapat disampaikan melalui posko pengaduan di Kantor Disdik Kota Padang. Bagi orang tua dan calon siswa dapat datang secara langsung untuk menyampaikan keluhan yang ditemukan dalam pelaksaanan PPDB 2020 ini.

Tim Pengawas PPDB 2020 Ombudsman RI Perwakilan Sumbar sangat mengapresiasi kerja keras Dinas Pendidikan Kota Padang dalam Penyelenggaraan PPDB tahun 2020 ini, agar tujuan dari PPDB yaitu Perluasan akses layanan pendidikan dan pemerataan mutu pendidikan dapat tercapai dan terlaksana dengan baik. Ombudsman selalu menghimbau penyelenggara untuk melaksanakan proses pelaksanaan PPDB di era new normal dengan bersih dan bebas maladministrasi. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 16:21:35 WIB

    Tak Kunjung Temui Titik Temu Terkait PPDB 2020, Puluhan Wali Murid Datangi DPRD Sumbar

    Tak Kunjung Temui Titik Temu Terkait PPDB 2020, Puluhan Wali Murid Datangi DPRD Sumbar HARIANHALUAN.COM - Puluhan wali murid yang merasa dirugikan terkait persoalan zonasi pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020, mendatangi Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)..
  • Senin, 29 Juni 2020 - 14:10:37 WIB

    Situs PPDB Sumbar Berpindah, Ini Link Barunya

    Situs PPDB Sumbar Berpindah, Ini Link Barunya HARIANHALUAN.COM - Pembukaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ditingkat SMA/SMK di Provinsi Sumatra Barat telah dibuka. Calon peserta didik dapat mendaftar di sekolah yang diinginkan. Pendaftaran dibuka secara online demi.
  • Selasa, 09 Juli 2019 - 17:29:06 WIB

    Diskominfo Payakumbuh Bahas Sistem Zonasi PPDB

    Diskominfo Payakumbuh Bahas Sistem Zonasi PPDB PAYAKUMBUH, HALUAN -- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Payakumbuh melalui Bidang Kehumasan kembali menggelar diskusi pekanan “Senin Cerdas” di Ruang Media Center, Balai Kota Payakumbuh, Senin (8/7). Pole.
  • Jumat, 21 Juni 2019 - 12:09:53 WIB

     PPDB Sistem Zonasi Hapus Dikotomi Sekolah Unggul dan Tidak Unggul

     PPDB Sistem Zonasi Hapus Dikotomi Sekolah Unggul dan Tidak Unggul JAKARTA,HALUAN.COM- - Peneliti Literasi dan Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Roni K Pratama menilai, meskipun terkesan tegesa-gesa penerimaan peserta didik baru (PPDB) melalui sistem zonasi merupakan upaya pemer.
  • Rabu, 01 Juni 2016 - 16:02:00 WIB

    Disdik Padang Segera Buka Pendaftaran PSB/PPDB Online untuk Luar Kota

    PADANG, HALUAN — Setelah Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) jalur Mandiri diumumkan, selanjutnya Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Padang segera membuka pendaftaran PSB/PPDB online untuk luar kota atau provinsi. Pendaftaran.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]