Tentang Calon Independen di Pilkada Sumbar 2020, Asrinaldi: Kekuatan Figur Jadi Penentu


Selasa, 30 Juni 2020 - 22:17:57 WIB
Tentang Calon Independen di Pilkada Sumbar 2020, Asrinaldi: Kekuatan Figur Jadi Penentu Pengamat politik, Asrinaldi.

HARIANHALUAN.COM - Sejumlah nama bermunculan pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 jalur independen atau perseorangan. Tidak hanya pada pemilihan calon Gubernur, namun pada calon Bupati dan Wali Kota beberapa nama juga imut meramaikan pesta demokrasi lewat jalur independen tersebut.

Sebut saja seperti Ramal Saleh berpasangan dengan Rustam yang akan menjadi bakal calon Bupati Padang Pariaman, kemudian Ferizal Ridwan berpasangan dengan Nurkhalis bakal calon Bupati Limapuluh Kota, ada juga nama Ramlan Nurmantias Walikota Bukittinggi yang kembali maju melalui jalur independen.

Menyikapi hal tersebut, Pengamat politik Universitas Andalas (Unand) Asrinaldi mengatakan bahwa sebenarnya semua calon tentu memiliki peluang yang sama. Namun, bagi yang bisa memanfaatkan peluang tentu akan bisa memenangkan pemilihan. "Misalnya, bagaimana calon bisa membangun kedekatan dengan masyarakat sebagai pemilih, harus jelas strategi canvassingnya seperti apa," katanya, Selasa (30/6/2020).

Di samping itu, dia meyakini bahwa kekuatan figur akan lebih dominan dengan relawannya ketimbang mesin partai. Karena calon perseorangan pun akan bisa berpeluang besar untuk menang jika figur calon kepala daerah yang bersangkutan sangat disukai dan dihormati oleh masyarakat. (*)

Reporter : Metria Indeswara /  Editor : Agoes Embun
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]