Ali Mukhni, Sosok Pemimpin Gila Kerja yang Siap Tempur di Pilkada Sumbar


Rabu, 01 Juli 2020 - 11:48:52 WIB
Ali Mukhni, Sosok Pemimpin Gila Kerja yang Siap Tempur di Pilkada Sumbar Ali Mukhni. Dok ANTARA

HARIANHALUAN.COM - Figur bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang akan maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sumbar 2020 terus mengapung. Mulai birokrat, politikus hingga pengusaha bakal bertarung pada pesta demokrasi yang akan dihelat pada 9 Desember nanti. Salah satunya, Bupati Padang Pariaman, Ali Mukhni yang masuk dalam bursa Pilkada serentak itu.

Ali Mukhni lahir di Kampung Pauh, V Koto Kampung Dalam, Padang Pariaman, Sumbar, 16 September 1956 silam. Dia memulia pendidikannya di SD Nagari Kampung Pauh. Setelah itu, SMP Nagari Kampung Pauh, lulus, STM Kota Pariaman (sekarang SMK), D3 Olahraga, dan menamatkan S1 Olahraga dari Universitas Nagari Padang pada tahun 1986.

Ali Mukhni merupakan sosok yang memiliki segudang pengalaman dalam berorganisasi untuk penguatan masyarakat dan dalam berbirokrasi.

Pada tahun 1987, pria yang akrab disapa Ajo Kunih itu pernah bergelut di Komisi Teknik PERTINA Propinsi Bengkulu. Komisi Teknik PJSI Propinsi Bengkulu 1988, di tahun yang sama dia juga mengemban posisi sebagai Pelatih Persatuan Sepakbola Bengkulu, dan Pengurus IKM (Ikatan Keluarga Minang) Propinsi Bengkulu.

Tak berhenti disana, Ketua II PERSEPAR Pariaman 1990, Ketua Umum Persatuan Sepak Takraw Indonesia Propinsi Sumatera Barat dan Ketua Badan Narkotika Kab. Padang Pariaman 2005, Ketua Palang Merah Indonesia Kab. Padang Pariaman 2009.

Ketua KONI Kabupaten Padang Pariaman 2010, Ketua PMI Kabupaten Padang Pariaman dan Kamabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Padang Pariaman 2012-sekarang, Ketua LSM Pembela Kesatuan Tanah Air Indonesia Bersatu Propinsi Sumatera Barat, dan Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Qur’an Kabupaten Padang Pariaman 2014-sekarang.

Suami Rena Sofia ini memulai kariernya sebagai CPNS di STM Negeri Bengkulu 1988, tak lama setelah itu diangkat menjadi PNS di STM Negeri Bengkulu 1989. Kemudian, menjadi guru di SMU Negeri 10 Padang 1995, guru di SMU N 1 V Koto Kampung Dalam 2000.

Wakil Bupati Padang Pariaman 2005-2010, Bupati Padang Pariaman 2010-2015, dan Bupati Padang Pariaman 2015-2020.

Selama menjabat Bupati, Ali Mukhni telah banyak berbuat untuk masyarakat dan Padang Pariaman baik dari segi sosial hingga pembangunan. Mulai dari asrama haji di Batang Anai, Politeknik Pelayaran di Tiram, Main Stadion Utama Sumbar di Sikabu, pembangunan jembatan, pembukaan jalan baru hingga dan pengaspalan jalan, serta teranyar Tarok City.

Tak heran, Ali Mukhni mendapat dorongan dari masyarakat agar maju pada Pilkada Sumbar. Pasalnya, sosok Ali Mukhni dinilai sangat tepat menjadi orang nomor satu di provinsi itu. Bahkan Ali Mukhni telah banyak menginspirasi masyarakat. Sehingga berpotensi untuk memimpin demi meningkatkan kesejahteraan hidup masyarakat. (*)

Reporter : Milna Miana | Editor : Milna Miana
Logo Bawah
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing, Jalan Hamka Padang, Sumbar
Email: [email protected]