Sumbar Targetkan Produksi Beras 3 Juta Ton per Tahun


Rabu, 01 Juli 2020 - 12:01:31 WIB
Sumbar Targetkan Produksi Beras 3 Juta Ton per Tahun Ist

HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menjelaskan, bahwa Sumbar merupakan salah satu dari 17 Provinsi penyangga produksi pada Nasional, untuk mendukung swasembada pangan yang berkelanjutan.

"Untuk tahun ini saja, kita memiliki 588,042 hektar sawah dengan luas sawah baku yang kita punya 230,176 hektar. Kita menargetkan produksi beras lebih kurang 3 juta ton tiap tahunnya," ucap Nasrul Abit, kemarin.

Khusus di Kabupaten Pasaman Barat di Kecamatan Talamau minat petani cukup tinggi, tetapi terkendala dengan hama tikus yang terus menerus menyerang, karena penanaman belum serentak.

Lanjut Nasrul Abit menyampaikan, dari data yang ada masih banyak lahan-lahan potensial di Sumbar yang masih belum optimal pemanfaatannya (lahan tidur).

"Untuk itu kami mengimbau pada masyarakat, satukan langkah dan komitmen bersama untuk bisa memanfaatkan lahan tidur, guna mencapai swasembada pangan," ujarnya.

Pada kesempatan lainnya, Anggota DPD RI Emma Yohana mengatakan, sangat berharap tanam padi dua kali setahun berhasil dan lebih produktif dan bisa meningkatkan kesejahteraan petani.

Terkait hama tikus yang selama ini menjadi momok bagi petani nanti bisa diatasi dengan sekolah lapangan dan kegiatan berupa berburu tikus.

“Saya kira kita bisa bersama-sama memberantas hama ini. Terpenting bagaimana meningkatkan produksi padi ke depannya,” sebutnya. (*)

Reporter : Milna Miana /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Selasa, 30 Juni 2020 - 10:25:39 WIB

    Jaga Ketahanan Pangan, Sumbar Percepat Tanam Padi

    Jaga Ketahanan Pangan, Sumbar Percepat Tanam Padi HARIANHALUAN.COM - Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit melakukan tanam padi perdana di lahan sawah kelompok tani Mulya Munggu Cangkeh Jorong Patomuan Nagari Talu Kecamatan Talamau, Senin (29/6/2020) dalam acara "Tanam P.
  • Senin, 22 Juni 2020 - 06:08:28 WIB

    Sebanyak 89,59% UMKM di Sumbar Terdampak Covid-19

    Sebanyak 89,59% UMKM di Sumbar Terdampak Covid-19 HARIANHALUAN.COM - Saat ini Usaha Besar di Sumbar terdata sebanyak 419 unit atau 0,07 persen. Sementara, usaha menengah sebanyak 7.900 unit atau 1,33 persen dengan omzet rata-rata pertahun sebesar Rp 2,5 hingga 50 miliar. Lal.
  • Kamis, 18 Juni 2020 - 18:19:33 WIB

    Tingkatkan Keandalan Listrik, Manajemen PLN UIW Sumbar Tinjau Aset

    Tingkatkan Keandalan Listrik, Manajemen PLN UIW Sumbar Tinjau Aset HARIANHALUAN.COM – Demi menjaga kualitas keandalan listrik serta wujud kepedulian terhadap seluruh aset, manajemen PLN UIW Sumbar melakukan kegiatan Care 4 Asset (C4A) dengan cara turun ke lapangan pada Kamis (18/06). Kegia.
  • Rabu, 17 Juni 2020 - 22:09:38 WIB

    Tingkatkan Layanan, PLN UIW Sumbar Diskusi dengan Stakeholder

    Tingkatkan Layanan, PLN UIW Sumbar Diskusi dengan Stakeholder HARIANHALUAN.COM – PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Sumbar menggelar Forum Layanan Pelanggan pada Rabu (17/6/2020). Forum Layanan Pelanggan PLN merupakan wujud komitmen PLN untuk terus terbuka menjawab pertanyaan pelanggan sepu.
  • Senin, 08 Juni 2020 - 21:21:57 WIB

    Isu Kenaikan Tarif Listrik, PLN UIW Sumbar Berinisiatif Datang ke Pelanggan

    Isu Kenaikan Tarif Listrik, PLN UIW Sumbar Berinisiatif Datang ke Pelanggan PADANG, HARIANHALUAN.COM - Banyaknya komplain dari pelanggan terkait tingginya tarif listrik dalam tiga bulan belakangan ini dibantah oleh PLN. Untuk mengatasi masalah tersebut, PLN pun memberlakukan beberapa skema..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]