Daftar 5 Negara dengan Harga BBM Paling Murah di Dunia


Rabu, 01 Juli 2020 - 13:10:01 WIB
Daftar 5 Negara dengan Harga BBM Paling Murah di Dunia Ist

HARIANHALUAN.COM - Jenis Bahan Bakar Minyak (BBM) Pertalite dan Premium rencananya akan dihapuskan dari penjualan oleh PT Pertamina (Persero). Hal itu lantaran keduanya memiliki angka oktan rendah sehingga dinilai tidak ramah lingkungan.

Isu penghapusan penjualan kedua jenis BBM tersebut tentu saja membuat masyarakat khawatir. Pasalnya, kedua jenis BBM tersebut memiliki harga yang relatif terjangkau dan menjadi pilihan utama mayoritas masyarakat Indonesia.

Namun, meski harga Pertalite dan Premium terbilang cukup murah, tetapi ada sejumlah negara yang tercatat menjual BBM jauh lebih murah dibanding di Indonesia.

Data dari Global Petrol Prices, 29 Juni 2020, menunjukkan ada sejumlah negara yang menjual BBM dengan harga lebih rendah dibanding harga BBM di Indonesia.

Daftar 5 negara dengan harga BBM termurah

Berikut adalah 5 negara dengan harga BBM paling murah di dunia:

1. Venezuela

Venezuela berada di posisi pertama sebagai negara yang menjual BBM dengan harga termurah. Satu liter BBM di Venezuela dijual dengan harga Rp 286.

2. Iran

Iran berada di posisi kedua sebagai negara yang menjual BBM dengan harga termurah. Satu liter BBM di Iran dijual dengan harga Rp 1.045.

3. Sudan

Sudan berada di posisi ketiga sebagai negara yang menjual BBM dengan harga termurah. Satu liter BBM di Sudan dijual dengan harga Rp 1.991.

4. Angola

Angola berada di posisi keempat sebagai negara yang menjual BBM dengan harga termurah. Satu liter BBM di Angola dijual dengan harga Rp 3.952.

5. Arab Saudi

Arab Saudi berada di posisi kelima sebagai negara yang menjual BBM dengan harga termurah. Satu liter BBM di Arab Saudi dijual dengan harga Rp 4.117.

Harga BBM Pertamina

Seperti diberitakan Kompas.com (3/6/2020) memasuki bulan Juni 2020, belum ada sinyal penurunan harga BBM. Melihat situs resmi Pertamina, pengumuman soal harga BBM terbaru dirilis 1 Februari 2020.

Berikut ini daftar harga BBM non-subsidi di sejumlah SPBU Pertamina wilayah DKI Jakarta: 

Pertalite Rp 7.650

Pertamax Rp 9.000

Pertamax Turbo Rp 9.850

Bio Solar Rp 9.400

Dexlite Rp 9.500

Dex Rp 10.200. (*)

 Sumber : Kompas.com /  Editor : Milna Miana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Sabtu, 13 Juni 2020 - 23:13:45 WIB

    Direksi Anak Usaha Pertamina Dirombak, Ini Daftar Para Pejabat Baru

    Direksi Anak Usaha Pertamina Dirombak, Ini Daftar Para Pejabat Baru HARIANHALUAN.COM - PT Pertamina (Persero) hari ini merombak direksi anak usaha yang merupakan bagian dari dengan pembentukan Holding Migas dan roadmap program Kementerian BUMN dalam rangka pembentukan holding Migas..
  • Jumat, 15 Mei 2020 - 11:40:45 WIB

    Pergantian Pimpinan, Ini Daftar Lengkap Direksi PLN

    Pergantian Pimpinan, Ini Daftar Lengkap Direksi PLN HarianHaluan.com - Sesuai dengan hasil Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) PLN tanggal 14 Mei 2020 tentang Pemberhentian, Perubahan Nomenklatur Jabatan, Pengalihan Tugas dan Pengangkatan Anggota-anggota Direksi Perusahaan Perser.
  • Sabtu, 25 April 2020 - 12:42:11 WIB

    Daftar Maskapai yang Hentikan Penerbangan

    Daftar Maskapai yang Hentikan Penerbangan JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah maskapai mulai menghentikan sementara penerbangan. Hal ini sejalan dengan kebijakan pemerintah yang melarang mudik untuk mengatasi penyebaran virus Corona. Maskapai pelat merah PT Garud.
  • Ahad, 12 April 2020 - 06:25:36 WIB

    Resmi Dibuka! Tersedia 164 Ribu Kuota, Buruan Daftar Kartu Pra Kerja

    Resmi Dibuka! Tersedia 164 Ribu Kuota, Buruan Daftar Kartu Pra Kerja JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Masyarakat Indonesia yang merupakan korban PHK atau pun belum memiliki pekerjaan sudah bisa mengakses situs www.prakerja.go.id untuk mendaftarkan dirinya di program andalan Presiden Joko Widodo (Jo.
  • Rabu, 08 April 2020 - 06:36:45 WIB

    Mau Rp 3,5 Juta/Bulan dari Jokowi? Begini Cara Daftarnya

    Mau Rp 3,5 Juta/Bulan dari Jokowi? Begini Cara Daftarnya JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah sudah meluncurkan situs program Kartu Pra Kerja kemarin. Website program tersebut adalah www.prakerja.go.id. Pada tahun 2020, pemerintah membuka kesempatan bagi 5,6 juta masyarakat Indon.
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]