WHO Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Semua Negara Harus Bersiap Hadapi Kemungkingan Terburuk


Rabu, 01 Juli 2020 - 13:54:51 WIB
WHO Ingatkan Pandemi Covid-19 Belum Berakhir, Semua Negara Harus Bersiap Hadapi Kemungkingan Terburuk Ilustrasi

JENEWA, HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa pandemi virus korona jenis baru atau Covid-19 masih belum selesai dan kemungkinan hal buruk bisa terjadi. Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, semua negara harus dapat mengatasi pandemi atau dapat menghadapi hal yang lebih buruk. 

"Virus masih memiliki banyak ruang untuk bergerak. Kita semua ingin ini berakhir. Kita semua ingin melanjutkan hidup kita. Tetapi, kenyataannya yang sulit adalah, ini bahkan belum dekat untuk berakhir," ujar Ghebreyesus. 

Selama enam bulan, WHO dan mitranya telah bekerja keras untuk mendukung semua negara dalam menghadapi pandemi Covid-19. Ghebreyesus mengatakan, walaupun banyak negara membuat kemajuan, pandemi virus korona menyebar makin cepat. Maka, dia meminta setiap negara harus fokus untuk menyelamatkan kehidupan warganya. 

"Menjaga jarak secara fisik, menjaga kebersihan tangan, menutup mulut ketika batuk, memakai masker, tetap berada di dalam rumah, dan hanya membagikan informasi dari sumber yang dapat dipercaya," kata Ghebreyesus. 

WHO juga akan mengutus tim ke Cina untuk menyelidiki asal-usul virus korona baru penyebab Covid-19. Beberapa negara seperti Amerika Serikat (AS) dan Australia telah cukup vokal menyerukan tindakan tersebut. 

"Kita bisa melawan virus dengan lebih baik ketika kita tahu segalanya tentang virus, termasuk bagaimana virus itu bermula. Kami akan mengirim tim pekan depan ke Cina untuk mempersiapkan itu," kata Ghebreyesus, Senin (29/6). 

Dia tak memberi keterangan lebih terperinci terkait hal itu, termasuk tentang respons Cina. Presiden AS Donald Trump menuding bahwa virus korona baru berasal dari laboratorium Wuhan Institute of Virology. Cina sudah berulang kali membantah hal tersebut dan menolak penyelidikan. Namun, AS dan sejumlah negara, termasuk Australia dan Swedia, mendukung penyelidikan karena investigasi semacam itu logis dan penting dilakukan. 

Cina telah menyetujui melibatkan militer untuk eksperimental vaksin virus korona yang dikembangkan oleh People's Liberation Arm dan perusahaan farmasi Cina. Langkah ini menjadi upaya pertama untuk angkatan bersenjata negara manapun dalam percobaan vaksin Covid-19. 

Menurut laman South China Morning Post, vaksin Ad5-nCoV dikembangkan bersama oleh tim di Akademi Ilmu Kedokteran Militer, dipimpin Mayor Jenderal Chen Wei, dan perusahaan CanSino Biologics yang berbasis di Tianjin. Ini pertama kalinya kandidat vaksin untuk Covid-19 telah diizinkan untuk digunakan untuk militer.(*)

 Sumber : Republika /  Editor : Rahma Nurjana
Akses harianhaluan.com Via Smartphone harianhaluan.com/mobile

[ Ikuti Terus HarianHaluan Melalui Media Sosial ]

TULIS KOMENTAR
BERITA LAINNYA
  • Ahad, 12 Juli 2020 - 12:20:34 WIB

    Waduh, WHO Akui Bukti Penularan Covid-19 di Udara

    Waduh, WHO Akui Bukti Penularan Covid-19 di Udara HARIANHALUAN.COM - Para ilmuwan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kini telah mengakui ada 'bukti yang muncul' bahwa virus corona (Covid-19) dapat menyebar melalui udara..
  • Sabtu, 11 Juli 2020 - 12:27:18 WIB

    WHO Nyatakan Covid-19 Bisa Menyebar di Udara, Waspada Tempat-tempat Ini

    WHO Nyatakan Covid-19 Bisa Menyebar di Udara, Waspada Tempat-tempat Ini HARIANHALUAN.COM – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan secara resmi bahwa virus korona penyebab Covid-19 dapat bertahan lama di udara dalam ruang tertutup, kemudian dapat menyebar dari satu orang ke orang lain. Sema.
  • Rabu, 08 Juli 2020 - 10:55:41 WIB

    AS Resmi Keluar dari WHO, Ini Alasannya

    AS Resmi Keluar dari WHO, Ini Alasannya HARIANHALUAN.COM - Amerika Serikat (AS) secara resmi memulai proses keluarnya negara ini dari keanggotaan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Pemerintahan Presiden Donald Trump baru saja memberitahu Kongres AS dan Perserikatan .
  • Sabtu, 04 Juli 2020 - 13:38:55 WIB

    Peringatan Terbaru WHO Soal Corona & Permintaan Lockdown

    Peringatan Terbaru WHO Soal Corona & Permintaan Lockdown HARIANHALUAN.COM - Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization/WHO) kembali memperingatkan seluruh negara terkait dengan perkembangan terbaru pandemi Covid-19. Disebutkan bahwa mengingat sejumlah negara masih mengal.
  • Kamis, 25 Juni 2020 - 18:28:11 WIB

    WHO Puji Arab Saudi Putuskan Haji 1.000 Jamaah

    WHO Puji Arab Saudi Putuskan Haji 1.000 Jamaah HARIANHALUAN.COM – Keputusan Arab Saudi menggelar haji 2020 dengan jumlah jamaah sangat terbatas dan hanya yang ada di negara itu saja karena pandemi Covid-19, disambut baik oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)..
KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]