BERITA artikel

Jumat,22 Juni 2018 - 01:13:18 WIB

Selembar Uang Pemanggil Jamaah

Kisah Bang Dul, Pakar Seksologi yang Memilih Jalan Sebagai Pengurus Masjid

Kegusaran Bang Dul bukan karena iri atau tidak bahagia dengan dibangunnya masjid yang megah di sskitar pemukimannya, hanya saja ia takut masjid yang sudah lama dihidupkannya akan kehilangan jamaah dan menjadi bangunan tua yang reot tak terawat. Sudah lama masjid itu menjadi tempat orang-orang untuk meminta kepada Pemilik Semesta. Beribu doa-doa menguntai ke langit melalui masjid itu, begitupun pahala yang mengalir dalam catatan amalnya. Dia tak rela kisah religi itu tamat dengan cara tak baik.

Sabtu,16 Juni 2018 - 02:42:09 WIB

Catatan Ringan Bhenz Maharajo

Caleg Tuyul dan Abrakadabra Politik

Nan parahnya, caleg tuyul itu, kadang tidak memahami kalau dia sedang diperalat, atau bahasa saya, dijadikan kuda pelajang bukit. Dia merasa hebat tanpa sadar kalau yang dibuatkan orang untuknya adalah titian barakuak. Kondisi kian rumit jika orang-orang disekelilingnya juga buta politik, yang memahami pertarungan di atas kertas semata. Bukannya memberi masukan atau melarang, malahan ikut pula mendorong yang bersangkutan ke dalam jurang.

Senin,11 Juni 2018 - 15:17:09 WIB

KISAH EBY, WAKIL SUMBAR DI AJANG PUTRI MUSLIMAH 2017

Menemukan “Hidup” Setelah Berhijab

Tahun 2015, Febri Wahyuni Sabran mantapkan hati untuk berhijab. Seminggu setelah itu, dalam tidur, ia bermimpi naik haji. Mimpi nan terus terngiang dan menjadi puncak keyakinan bahwa pertolongan Allah selalu dekat dengan umat-NYA.

Jumat,08 Juni 2018 - 10:18:17 WIB

Finalis Miss Grand Belanda Berdarah Minang

Esmeralda Kangen Taram, Penasaran pada Haluan

Esmeralda Cornelia Suarni Carelse kini jadi bintang di Belanda. Perempuan manis ini menyandang status sebagai finalis Miss Grand Belanda. Siapa sangka, Esmeralda rupanya berdarah Minangkabau. Ibunya mantan guru yang berasal dari Taram, Kecamatan Harau, Limapuluh Kota. Nan membanggakan, Esmeralda tak pernah lupa dengan tanah leluhurnya.

Minggu,27 Mei 2018 - 16:05:58 WIB

Ingin Obati Kakinya yang Mengalami Kelainan, Amel Bercita-cita Jadi Dokter

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM-- Hidup dalam keterbatasan fisik tidak menjadikan bocah perempuan bernama Amel (7) hilang semangat dalam menggapai cita-cita. Amel mengalami, cacat kedua kakinya sejak lahir.

Sabtu,19 Mei 2018 - 20:49:29 WIB

Beberapa Peluang Kekalahan Mahyeldi

Peluangnya ada pada seberapa kuat pihak lawan untuk menekan suara pemilih Mahyeldi sampai mepet ke posisi "captive market-nya"? Kalau itu mampu dilakukan, maka tidak diperlukan penambahan tingkat partisipasi pemilih, cukup dengan angka partisipasi sekira 53 persen alias seperti lima tahun lalu, Mahyeldi bisa kalah.

Selasa,15 Mei 2018 - 09:29:36 WIB

Korban Air Bah Batang Lembang Solok Bersihkan Makam Nenek, Widya Seolah Bersihkan Makamnya

Salah satu korban air bah Batang Lembang, Widya Aprinia, Senin (14/5) kemarin dikebumikan di pandam pekuburan keluarga.  Kepergiannya membawa rasa duka mendalam bagi keluarga Irsal dan Dewi, bapak dan ibu Widya yang merupakan warga Perumahan Batubatupang Indah, Koto Baru.

Rabu,09 Mei 2018 - 11:24:13 WIB

Mengejar Mimpi Lewat Bangku SBMPTN

Keterbatasan fisik tidak membatasi Abid Tahiyyah untuk menggapai cita-citanya. Remaja penyandang disabilitas tersebut dengan semangat mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Selasa (8/5). Abid benar tuna rungu, pun demikian semangatnya tetap nyalang.

Senin,07 Mei 2018 - 22:39:23 WIB

Mencari Delik Percemaran Nama Baik di Balik Kecurigaan Penggiringan Opini Publik

Jadi jika demikian, persoalannya bisa menjadi sangat luas. Bukan saja kompetensi jurnalis yang ingin digiring oleh Gubernur, tapi bagaimana cara memiliki opini di dalam otak kitapun kemudian akan ditata sesuai keinginan Gubernur. Pertanyaan penutupnya, lantas otak kita ini punya siapa? Semoga bukan punya Gubernur.

Kamis,03 Mei 2018 - 21:04:45 WIB

Pers Melawan Korupsi

PERS, seiring perubahan jaman terus berganti baju. Jika di masa Orba produk pers begitu diawasi ketat, kini sudah tak lagi. Pers memiliki hak merdeka/kebebasan menentukan arah serta jalannya sendiri, tanpa perlu takut akan pengontrolan dan pembungkaman dari pemerintah. Meski bebas, pers tetap dituntut melaksanakan pengontrolan secara berkelanjutan, menjadi lembaga sosial yang mengawasi sendi-sendi publik, sekaligus memberi ruang bagi siapa saja untuk bersuara.

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM