BERITA artikel

Kamis,19 April 2018 - 08:58:07 WIB

Sempat Dianggap Gila, Bule Inggris Ini Urus Sampah Plastik

Kabupaten Kepulauan Mentawai disebut banyak kalangan sebagai surganya para peselancar, terutama bagi para bule. Jauh-jauh mereka datang ke wilayah tersebut, tujuan mereka, cuma satu. Surfing.

Rabu,28 Maret 2018 - 14:04:13 WIB

DARI KUNJUNGAN HALUAN KE MENTAWAI (Bag-1)

Para Penabur Mimpi dari Semenanjung Tuapejat

Beratus tahun sejak “ditemukan” oleh sekelompok pelaut Inggris, Mentawai seolah hidup dalam kemurungan. Sulitnya akses menjadi kendala paling berat dalam upaya pembebasan kabupaten kepulauan itu dari pasung ketertinggalan. Namun, 10 tahun belakangan, Mentawai mulai melawan segala keterbatasan dan membangun sarana pendidikan sebagai wujud mimpi untuk sejajar dengan daerah lainnya. Di Semenanjung Tuapejat, Kecamatan Sipora Utara, mimpi itu dirajut agar berwujud.

Rabu,28 Maret 2018 - 13:56:22 WIB

DARI KUNJUNGAN HALUAN KE MENTAWAI (BAG-2/HABIS)

Mentawai, Berlari Kencanglah….

Marueian, mandor pribumi berlari kencang di tengah ratusan para penduduk lokal Mentawai yang sedang diperbudak. “Bajak! Alepa’an Atapasaggak! Amamanangan ita!” teriaknya keras. Kumpulan penduduk lokal buncah, mengepalkan tangan ke udara sembari berteriak “Merdeka!”. Pulau Siberut gegap gempita oleh pekik orang-orang dengan tubuh kurus kering. Kala itu, secercah harapan untuk keluar dari ketertindasan hadir di Mentawai.

Rabu,28 Maret 2018 - 08:57:15 WIB

Selembar Idealisme di Meja Redaksi

Awak redaksi Harian Haluan patut bangga, screenshoot surat itu merupakan bukti nyata masih ada selembar idealisme di meja redaksi Harian Haluan di tengah gempuran tangan-tangan kekuasaan yang menggerogotinya. Di tengah godaan janji materi, jurnalistik salon penuh gincu, wartawan bersimpuh di kaki humas, wartawan abal-abal, media abal-abal, Harian Haluan tetap berani mengambil haluan yang berbeda. Ini ditunggu publik, ditunggu pembaca. Berjuanglah dengan idealisme itu, sebab idealisme adalah harga diri bagi para awak media.

Kamis,22 Maret 2018 - 01:44:52 WIB

Memutus Rantai Berita Hoax

Seolah tak bisa dicegah lagi perkembangan teknologi informasi sudah menjamur di berbagai daerah bahkan semua lapisan negara sudah terjamah dengan kemajuan teknologi informasi. Berbagai produk yang dihasilkan  dari kemajuan teknologi sudah tidak dapat dihitung dengan jari, sudah ribuan bahkan jutaan produk yang terkait dengan terknologi dalam setiap komponennya. Hal itu sudah menandakan bahwa kita hidup berdampingan dengan teknologi dimana semua elemen kebutuhan hidup manusia sekarang tidak lepas yang dari namanya peran teknologi.

Rabu,14 Maret 2018 - 09:49:18 WIB

Tumor Ganas Menghancurkan Harapan Mardiyusni

Sudahlah jatuh, tertimpa tangga. Itulah nasib yang dialami Mardiyusni (48) atau biasa disapa Yus. Ibu beranak dua ini hanya bisa pasrah menanggung penyakit tumor ganas yang dideritanya sejak tahun 2014 lalu. Berobat ke dokter maupun obat alternatif secara tradisional telah dijalani, namun apa daya, penyakit malah kian parah. Sementara biaya untuk berobat sudah tak ada lagi.

Senin,05 Maret 2018 - 15:37:00 WIB

Menciptakan Pemilu yang Berkualitas

PASBAR--Sebagai suatu perwujudan atas hak azasi warga negara Indonesia adalah menjamin hak setiap warga negara indonesia untuk menyampaikan aspirasi politiknya melalui jalur partai politik yang telah tersedia sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Azas dalam penyelenggaraan Pemilu adalah sesuai dengan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang penyelenggara Pemilihan Umum yaitu mandiri,jujur, adil, kepastian hukum, tertib, kepentingan umum, keterbukaan, proporsionalitas, profesionalitas,akuntabilitas, efisiensi dan efektifitas

Senin,05 Maret 2018 - 12:22:48 WIB

Kanker Membuat Deswanti Hanya Bisa Terbaring

Miris benar nasib yang dialami Deswanti (39) warga Jorong Kayu Samuk Nagari Kotobaru, Kecamatan Kubung Kabupaten Solok. Kanker payudara yang dideritanya sejak 3 tahun terakhir membuatnya hanya bisa tergolek lemas tak berdaya di atas tempat tidur sejak setahun terakhir.

Sabtu,03 Maret 2018 - 12:39:05 WIB

Fakultas Ilmu Budaya Unand dan Kebudayaan di Sumatra Barat, Beberapa Catatan Kritis untuk Dies Natalis ke-36

Keinginan dan harapan terhadap berdirinya sebuah Fakultas Sastra di Universitas Andalas dari para tokoh intelektual, budayawan, ulama Sumatra Barat terjawab sejak 1982

Kamis,22 Februari 2018 - 00:16:40 WIB

TAN MALAKA DALAM KACA MATA JURNALISTIK

Peran Tan Malaka Dalam Memicu Semangat Heroisme Jurnalistik dan Kolumnis Indonesia

Barangkali tak banyak yang bisa diingat atau menjadi bahan catatan tentang peran serta Tan Malaka terhadap dunia jurnalistik atau kewartawanan di Indonesia, selaim secuil kenangan yang sempat dituliskan Rosihan Anwar, seputar kehadirannya saat pembentukan danperesmian Persatuan Wartawan Indonesia

KANTOR PUSAT:
Komplek Bandara Tabing,Jalan Hamka Padang,Sumbar
Email: [email protected]
APP HARIANHALUAN.COM