Masuk Perangkap BBKSDA Riau, Harimau Ini Terduga Pemangsa Seorang Remaja

Dodi Caniago
- Jumat, 10 September 2021 | 00:07 WIB
Ini harimau yang masuk perangkap di Teluk Lanus. (Istimewa)
Ini harimau yang masuk perangkap di Teluk Lanus. (Istimewa)


PEKANBARU, HARIANHALUAN.COM - Kandang jebak atau box trap yang dipasang Balai Besar KSDA Riau, diketahui berisi seekor harimau Sumatera. Perangkap  ini dipasang pasca tewasnya seorang lelaki remaja di Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak.


Menurut Plh Kepala Balai Besar KSDA Riau, Hartono, tertangkapnya harimau Sumatera itu diketahui Kamis (9/9/2021) sekira pukul 06.00 saat tim melakukan pengecekan.

"Saat tim melakukan pengecekan kandang jebak yang dipasang tak jauh dari lokasi peristiwa penerkaman itu, seekor harimau Sumatera telah masuk ke dalam kandang jebakan," kata Hartono,sebagaimana  dilansir Haluanriau.co.

Sebelumnya,pada Rabu (8/9/2021)senja tim mendengar adanya suara pintutertutup. "Karena waktu telah malam dan kondisi gelap, maka tim memutuskan untuk melakukan pengecekan pada Kamis pagi," jelasnya.

Tim lalu membius harimau Sumatera itu dan segera dipindahkan ke kandang angkutnya. "Harimau jenis kelamin betina, berumur sekitar tiga tahun," sambungnya.


Kemudian tim melakukan observasi, dari tubuh harimau itu ditemui ada luka jerat kaki depan sebelah kanan dalam kondisi membengkak serta pembusukkan jaringan.

"Selanjutnya akan dilakukan observasi dan pengobatan di Pusat Rehabilitasi Harimau Sumatera Dharmasraya," singkatnya.

Keberhasilan ini tak lepas dari kerja keras tim yang melakukan pencarian harimau sejak Selasa (30/8/2021) lalu, pasca tewasnya seorang remaja bernama Malta Alfarel yang ditemukan tanpa kepala lagi.

(Sumber: Haluanriau.co)

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluanriau.co

Tags

Terkini

X