Bahaya FOMO Saat Berinvestasi Saham dan Cara Mengatasinya

- Jumat, 10 September 2021 | 15:36 WIB
Saham
Saham

Saat ini, berinvestasi melalui saham sudah banyak sekali dilakukan mulai dari anak muda hingga orang dewasa. Apalagi sudah banyak aplikasi yang menawarkan kemudahan untuk berinvestasi tanpa harus mengeluarkan modal yang besar.

Dengan adanya hal tersebut, membuat banyak orang berlomba-lomba berinvestasi saham sehingga timbul perasaan FOMO saham.

Apa itu FOMO Saham?
FOMO atau Fear of Missing Out sendiri memiliki arti rasa ketakutan akan ketertinggalan pada suatu hal, bisa saja dalam karir, pendidikan, pencapaian, percintaan, dan lainnya.

Nah kalau untuk FOMO saham adalah fenomena dimana seorang trader dan juga investor takut ketinggalan akibat harga yang saham yang terus naik. Dengan begitu, mereka akan memaksa membelinya di saat harga yang sangat tinggi.

Kondisi ini terjadi akibat banyak orang yang mengejar saham saat sedang terjadi rally dimana harga saham sedang melambung naik lalu membelinya di harga saham lebih tinggi.

Penyebab terjadinya FOMO saham bisa bervariasi, mulai dari keserakahan untuk mendapatkan profit yang besar, rasa takut jika tidak mendapatkan profit, iri melihat teman-teman sudah mulai berinvestasi atau iri ketika orang bisa mendapatkan profit yang besar.

Dampak dari FOMO Saham
FOMO saham dapat menimbulkan konsekuensi yang besar jika kamu terlalu gegabah untuk membeli semua saham yang sedang tinggi. Jika kamu hanya berpikir untuk membelinya tanpa memikirkan strategi lain, akan cenderung meningkatkan risiko yang besar bila sewaktu-waktu harga saham turun. Kamu bisa saja rugi besar karena terlalu impulsif membeli semua saham di harga yang sedang tinggi tersebut.

Cara Mengatasi FOMO Pada Saham
FOMO dalam berinvestasi saham tentu bisa dilakukan, caranya adalah:

1. Jangan Berinvestasi dengan Modal Nekat
Banyak sekali orang yang berinvestasi saham hanya karena bermodal nekat atau pemahaman tentang uang.

Berinvestasi saham memang akan mendatangkan modal yang besar, tetapi akan membuat kamu rugi seketika.

Halaman:

Editor: Nasfati Sabrina

Sumber: kompas.com, juruscuan.com

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X