Waduh, Ini yang Terjadi pada Sejumlah Lapas di Riau

Dodi Caniago
- Selasa, 14 September 2021 | 01:37 WIB
Iliustrasi (digtara.com)
Iliustrasi (digtara.com)

HARIANHALUAN.COM - Total daya tampung lembaga pemasyarakatan (Lapas) dan rumah tahanan negara di Provinsi Riau hanya untuk 4.455 orang. Namun yang terjadi saat ini, dihuni oleh 13.762 orang atau mencapai 309 persen dari daya tampung semestinya.

"Jadi sudah over kapasitas sebesar 309 persen," ujar Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau, Maulidi Hilal.


Dikatakan Hilal, lebih dari separuh penghuni lapas dan rutin adalah mereka yang terjerat perkara narkoba. Rinciannya, pengedar atau bandar narkoba berjumlah 7.823 orang, dan pengguna sebanyak 286 orang.

"Jadi lapas dan rutan se-Riau kondisinya sudah overload semua. Tidak ada yang longgar. Maka kami akan melakukan upaya-upaya untuk meretribusi, kami sedang mencari ke mana untuk memindahkannya lagi," sebut Hilal, dilansir Riaumandiri.co, Senin (13/9/2021).

Untuk mengatasi masalah kelebihan kapasitas ini, kata Hilal, pihaknya sudah membangun bangunan lapas baru di Bagan Siapiapi, Rokan Hilir (Rohil). Dimana pemerintah kabupaten (pemkab) di sana telah memberikan lahan seluas 14 hektare untuk pembangunan lapas.

Saat ini, disebutkan Hilal, prosesnya sedang penggarapan dan pematangan lahan.

Sebenarnya anggaran sudah turun separuhnya, cuma kemarin ada refocusing untuk penanganan Covid-19," kata Hilal.

"Pembangunannya sementara baru sampai pematangan lahan. Tadinya sudah akan berjalan seperempatnya lah tahun ini, tapi karena refocusing tadi, kita baru sampai pematangan lahan," sambung dia seraya mengatakan, jika bangunan lapas baru tersebut sudah rampung, daya tampungnya bisa untuk 1.500 sampai 2.000 orang.

Hilal kemudian memaparkan alasan pembangunan lapas baru di Negeri Seribu Kubah tersebut. Salah satu pertimbangannya adalah di sana termasuk yang terpadat jumlah tahanan dan narapidananya di Indonesia, yakni sampai 800 persen.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: riaumandiri.co

Tags

Terkini

X