Selama Pendudukan Afghanistan, AS Diduga Lakukan Pelanggaran HAM Berat

Dodi Caniago
- Selasa, 14 September 2021 | 02:25 WIB
Pasukan Amerika di Afghanistan/US Army
Pasukan Amerika di Afghanistan/US Army

 

 HARIANHALUAN.COM - Kalangan militer Amerika Serikat (AS) disebut Kementerian Luar Negeri Korea Utara (Korut) melakukan pelanggaran HAM berat selama menduduki dan operasi militer di Afghanistan. Korut mendesak AS dibawa ke pengadilan internasional.

Menurut pernyataan Kementerian Luar Negeri Korut , perang yang dipimpin AS di Afghanistan merupakan pelanggaran berat HAM dan menimbulkan sejumlah kejahatan tidak manusiawi yang tidak boleh dibiarkan tidak terjawab.

Pyongyang mengindikasikan bahwa operasi 'kontra-terorisme' pimpinan AS selama dua dekade di Afghanistan berakhir dengan pelarian pasukan AS yang tergesa-gesa.

“Pada saat ini, dunia menyuarakan tuntutan agar pasukan AS harus diadili dengan segala cara atas kekejaman pemusnah massal yang dilakukan terhadap orang-orang yang tidak bersalah di negara ini dan agar keputusan tegas dibuat terhadap para penjahat,” kata kementerian itu, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (14/9/2021).

Dalam pernyataannya, kementerian itu mengulangi pernyataan baru-baru ini oleh para pejabat di Iran dan China mengenai pendudukan AS dan kejahatan terhadap warga sipil, termasuk kematian, dan cedera yang disebabkan oleh serangan pesawat tak berawak AS dan tindakan kekerasan lainnya.

 "AS harus dibawa ke pengadilan dengan segala cara atas kejahatannya membunuh orang tak bersalah di berbagai belahan dunia di balik tabir hakim HAM,” ujar kementerian itu.

Mereka menambahkan bahwa semua tempat yang “diinjak-injak” oleh pasukan AS direduksi menjadi tanah tandus.

Baca Juga: Waduh, Ini yang Terjadi pada Sejumlah Lapas di Riau

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: sindonews.com

Tags

Terkini

Paragon Gelar Seminar Hari Guru di INS Kayutanam

Senin, 29 November 2021 | 18:15 WIB

Wakapolda dan PJU Polda Sumbar Hadiri HUT Korpri ke-50

Senin, 29 November 2021 | 16:25 WIB

Senin Dini Hari, Kota Jayapura Diguncang Gempa Darat

Senin, 29 November 2021 | 01:58 WIB

SUMDARSIN di Polda Sumbar Diikuti Sebanyak 10.448 Jiwa

Minggu, 28 November 2021 | 20:57 WIB
X