Tersedia Miliaran Rupiah Pinjaman Tanpa Bunga bagi UMKM di Kepri

- Rabu, 15 September 2021 | 21:26 WIB
Ilustrasi. Sahabat Ganjar Bukittinggi borong makanan produk UMKM. (Ist-Harianhaluan.com)
Ilustrasi. Sahabat Ganjar Bukittinggi borong makanan produk UMKM. (Ist-Harianhaluan.com)

HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Provinsi Kepri berkomitmen dalam upaya penguatan dan pemberdayaan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Kini tersedia pinjaman tanpa bunga miliaran rupiah yang bunganya ditanggung Pemprov.

Baca Juga: Curi Ikan di Perairan Kepri, Tiga Kapal Ikan Asing Ditenggelamkan

Pj. Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Kepri Ir. Lamidi menegaskan hal tersebut saat Penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dengan PT. Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri tentang Kredit/Pembiayaan Usaha Mikro dengan Subsidi Bunga/Margin di Rupatama lantai 4 Kantor Gubernur Dompak, Tanjungpinang, Rabu (15/9/2021).

Sekdaprov Kepri, atas nama Pemerintah Provinsi Kepri mengapresiasi kontribusi yang telah diberikan oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri dalam menumbuhkembangkan UMKM di Kepri dengan sistem pemberian pinjaman lunak, atau tanpa bunga.

"Kerjasama yang baik ini, kami berharap dapat terus terjalin dalam rangka terwujudnya visi-misi Kepulauan Riau yang Makmur, berdaya saing dan berbudaya," ujar Lamidi seperti dilansir Haluankepri.com.

"Inilah salah satu strategi Bapak Gubernur Kepri dalam percepatan pemulihan ekonomi Kepri, dengan mengambil kebijakan berupa pemberian jaring pengaman sosial dengan sasaran masyarakat dan pelaku UMKM yang berpotensi mengalami kerentanan sosial," lanjutnya.

Kegiatan ini sendiri melanjutkan MoU antara Pemprov Kepri dan BRK pada 21 Agustus 2021 lalu bertempat di Menara Dang Merdu Kota Pekanbaru. Yang telah dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman antara Gubernur Kepulauan Riau dengan Direktur Utama PT Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri.

"Pemerintah Provinsi membantu dan menanggung masyarakat kita yang ingin berusaha sungguh-sungguh dalam kesulitan modal dengan situasi sekarang ini,. Caranya, Pemprov menanggung semua beban bunganya. Pelaku UMKM cukup membayar pinjaman pokoknya saja," jelas Lamidi.

Sementara itu, Direktur Kredit PT. Bank Pembangunan Daerah Riau Kepri, Tengku Irawan mengatakan dalam melakukan sinergi yang diinisiatif oleh Gubernur Kepri yang memberikan relaksasi sebagai salah satu upaya dari program pemulihan ekonomi nasional diwilayah Provinsi Kepulauan Riau.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluankepri.com

Tags

Terkini

Terus Diminati, Pelanggan Premium PLN Semakin Bertambah

Senin, 27 September 2021 | 19:40 WIB

Terminal Anak Air Padang Siap Diuji Coba

Senin, 27 September 2021 | 18:59 WIB

3 Desa di Pariaman Terima DAK Program Sanitasi Rp1,2 M

Senin, 27 September 2021 | 16:00 WIB

14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Senin, 27 September 2021 | 13:45 WIB

Limbah Medis B3 dan TPA di Sumbar Mulai Penuh

Senin, 27 September 2021 | 12:33 WIB
X