Tips Memulai Hari Senin Biar Nggak Stres

- Senin, 20 September 2021 | 01:55 WIB

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Siapapun mungkin pernah mengalami cemas menjelang hari Senin atau fobia hari Senin. Mulai dari pelajar, mahasiswa, maupun pekerja kantoran mulai merasa uring-uringan menghadapi Senin saat akhir pekan mulai berakhir. Rasa cemas jelang hari Senin ini dinamakan Lunaediesophobia.

Lunaediesophobia adalah ketakutan akan hari Senin. Gejala yang dirasakan pengidap yaitu stres memikirkan Senin besok pada Minggu malam. Beberapa orang mungkin bagun pagi dengan perasaan yang tidak begitu bersemangat. Bahkan, ada yang sampai mimpi buruk di malam harinya. Itulah yang membuat suasana hati semakin jadi suram di hari Senin. Lantas, apakah lunaediesophobia ini bisa diatasi?

Cara Mengatasi Lunaediesophobia

Jika transisi antara hari Minggu ke Senin kurang menyenangkan, maka itu akan memperparah lunaediesophobia. Untuk itu penting membuat transisi Minggu ke Senin lebih menyenangkan. Ibaratnya, buat hari Minggu atau akhir pekan begitu memuaskan dan menyenangkan. Seperti tips berikut ini:

Jalani Rutinitas Perawatan Diri Selama Akhir Pekan

Jika kamu minum lebih banyak, makan lebih banyak dan beragam, dan memiliki pola tidur yang berbeda pada Sabtu dan Minggu, kamu mungkin akan merasa sedikit tidak enak badan di Senin pagi.

Hal ini bukan berarti kamu tidak bisa memberi tubuh sedikit istirahat di akhir pekan. Tapi cobalah untuk menemukan keseimbangan yang memungkinkan bersantai sambil tetap menjalani rutinitas utama. Misalnya, dengan memanjakan diri, tapi jangan sampai lupa waktu.

Jangan Pikirkan Tugas dan Pekerjaan Selama Akhir Pekan

Lunaediesophobia mungkin pertanda bahwa kamu harus memiliki batasan yang jelas antara bekerja dan bersantai di akhir pekan. Jika kamu selalu memeriksa email pekerjaan ketika harus bersantai di akhir pekan, kamu justru melelahkan diri sendiri.

Untuk menghentikan kebiasaan tersebut, coba matikan notifikasi email di hari Jumat dan berjaraklah dari masalah yang berhubungan dengan pekerja, agar fokus pada waktu pribadi.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

Sedang Diteliti, Ada Orang-orang yang Kebal Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 04:05 WIB

Kapolda Sumbar Tinjau Vaksinasi Massal di Pasaman

Rabu, 20 Oktober 2021 | 20:50 WIB

Terpopuler

X