Heboh! Semarang Kota Terpanas, Begini Tanggapan BMKG

- Senin, 20 September 2021 | 05:30 WIB
Ilustrasi cuaca panas. (Shutterstock)
Ilustrasi cuaca panas. (Shutterstock)

 

HARIANHALUAN.COM - Media sosial diantaranya twitter, dihebohkan cuitan tentang Semarang Kota Terpanas di Indonesia dua hari belakangan. Kata kunci "Semarang" bahkan jadi trending topic Twitter Indonesia.

Baca Juga: Gebuki M Kece Tersangka Penista Agama, Ini Alasan Irjen Pol Napoleon Bonaparte

Banyak sekali pengguna media sosial Twitter di Indonesia, mejeritkankan panasnya suhu Kota Semarang yang mereka rasakan belangan ini. Ada nitizen bahkan membuat meme jika jarak antara Matahari dengan Semarang lebih dekat dibanding jarak Matahari ke Bumi.

Terkait heboh suhu panas Kota Semarang itu, Kepala Pusat Informasi Iklim Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, suhu panas yang dirasakan oleh warga Semarang disebabkan oleh gerak semu tahunan Matahari.

Dodo meyebutkan, saat ini garis edar Matahari sedang bergeser dari utara ke arah selatan dan akan tepat berada di atas khatulistiwa pada 21 September 2021 nanti.

"Jadi, semua kota di Jawa saat ini akan terasa panas. (Namun) fluktuasi tertinggi bisa bervariasi. Hari ini Semarang, besok mungkin kota lain," kata Dodo seperti dikutip dari  Kompas.tv,  Senin (20/9).

Kepala Pusat Informasi Iklim BMKG mengingatkan, bahwa sejumlah kota di Indonesia mencatatkan tren suhu yang cenderung terus meningkat.

"Betul, (predikat kota terpanas) bervariasi dan seluruh kota di Indonesia mencatatkan tren suhu yang cenderung terus meningkat," ujar Dodo.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: kompas.tv

Tags

Terkini

Terpopuler

X