Nagari Sinuruik Pasaman Barat Bekali Generasi Muda dengan Pendidikan Karakter

- Rabu, 22 September 2021 | 13:24 WIB
Pemerintah Nagari Sinuruik saat menggelar Sosialisasi Pendidikan berbasis kearifan lokal budaya Minangkabau di Aula Kantor Nagari Sinuruik beberapa waktu yang lalu.
Pemerintah Nagari Sinuruik saat menggelar Sosialisasi Pendidikan berbasis kearifan lokal budaya Minangkabau di Aula Kantor Nagari Sinuruik beberapa waktu yang lalu.

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM - Pemerintahan Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) berharap kepada generasi muda Sinuruik terkhusus para pelajar untuk dapat memaknai dan memahami kato nan Ampek (kato mandaki, kato, manurun, kato mandata, kato malereang). Hal itu diharapkan untuk dapat menjadikan generasi yang berakhlak, berbudaya dan dapat menjadi pelaku pembawa perubahan kearah yang lebih baik untuk masa yang akan datang.

Harapan Pemerintah Nagari Sinuruik tersebut bukan hanya sebatas harapan belaka, namun dibuktikan dengan digelarnya sosialisasi pendidikan anak berbasis kearifan lokal budaya Minangkabau beberapa waktu yang lalu oleh Pemerintah Nagari Sinuruik.

Baca Juga: Viral! Ternyata, Selasih Selaguri Sang Pujangga Berasal dari Sinuruik Pasaman Barat

Pj. Wali Nagari Sinuruik, Farid Muhammad Ali melalui sekretaris Nagari, Dasril B kepada Harianhaluan.com, Rabu, (22/9/2021) di Simpang Empat mengatakan, dalam upaya mempersiapkan generasi muda Nagari Sinuruik salaku pembawa perubahan kedepan, pemerintahan Nagari telah menggelar acara sosialisasi pentingnya pendidikan anak melalui, pola pendidikan karakter anak berbasis kearifan lokal budaya minangkabau dari dini.

"Kita akan berusaha mewujudkan generasi Sinuruik yang hebat dan berbudaya dimasa yang akan datang, salah satunya dengan cara memberikan pendidikan budaya Minangkabau dari dini kepada para remaja dan siswa- siswi tingkat SLTP dan SLTA seperti yang telah kita lakukan pada tanggal 16 September yang lalu," ungkapnya.

Baca Juga: Pemerintah Nagari Sinuruik Bagikan BLT Dana Desa Tahap I

Dasril menjelaskan, Nagari Sinuruik juga memiliki tokoh yang telah mendunia, salah satunya penulis pertama Indonesia yang berasal dari Sinuruik, Nenek Silasih Silaguri dan bapak H. Baharuddin selaku Bupati Pasaman dan Pasaman Barat yang juga berasal dari Sinuruik.

Tentunya pihaknya berharap generasi muda Sinuruik dapat menjadi tonggak estafet untuk menyambung kesuksesan yang telah diraih putra putri terbaik Sinuruik sebelumnya dengan terus berinovasi dan berkereativitas serta memahami dan mengamalkan makna yang terkandung dalam falsafah Minangkabau seperti Kato nan Ampek.

"Kato Nan Ampek merupakan adab dalam berkomunikasi orang Minangkabau yang mengatur bagaimana berkomunikasi yang baik. Kato mandaki mengajarkabagaiman kita berbicara terhadap lebih tua dari kita, kato manurun untuk yang lebih muda, kato mandata terhadap yang sebaya dan kato malereang dengan kata berkias banding," terangnya.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Anak Usia 7-13 Tahun Berisiko Tinggi Stunting

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:12 WIB

Batu Kambiang Agam Vaksinasi 370 Warganya

Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:33 WIB

108 Hektare Lahan Sumbar tak Ada Kejelasan Hukum

Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:45 WIB

Terpopuler

X