Merawat Adat di Pasaman Barat, Nagari Sinuruik Helat 'Sumbang Duo Baleh Bundo Kanduang'

- Jumat, 24 September 2021 | 18:21 WIB
Pemerintah Nagari Sinuruik bersama Bundo Kandung saat menggelar sosialisasi Sumbang Duo Baleh di aula kantor Wali Nagari Sinuruik
Pemerintah Nagari Sinuruik bersama Bundo Kandung saat menggelar sosialisasi Sumbang Duo Baleh di aula kantor Wali Nagari Sinuruik

PASAMAN BARAT, HARIANHALUAN.COM - Pemerintah Nagari Sinuruik, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) gelar acara sosialisasi Sumbang Duo Baleh Bundo Kandung Nagari Sinuruik.

Kegiatan itu merupakan bagian dari cara masyarakat Minangkabau menjaga kehormatan perempuan dan mempertahankan adat dan tata krama dalam kehidupan sehari-hari, Kamis (23/9/21) bertempat di aula kantor Nagari setempat.

Sosialisasi tersebut melibatkan, sejumlah tokoh dan kaum perempuan bersama Bundo kandung, dari setiap kejorongan dan keterwakilan perempuan dari generasi muda. Langkah ini dilakukan seiring dengan tantangan zaman dan modernisasi yang terus masuk ke Indonesia.

PJ Wali Nagari Sinuruik Faridh Muhammad Ali kepada harianhaluan.com, Jumat (24/9/2021) mengatakan, sosialisasi ini penting dilakukan ditengah tantangan zaman dan goresan pengaruh dunia luar. Masyarakat Minangkabau, terutama generasi muda perempuan harus menjadi perhatian bersama, termasuk pemerintah Nagari dan unsur masyarakat adat di setiap daerah.

Faridh menambahkan, adat dan syarak tidak bisa dipisahkan, perempuan atau Bundo Kandung di Minangkabau memiliki peran penting dalam berbagai hal, termasuk mendapatkan ridho Allah dalam perjalanan hidup, seorang anak harus mendapatkan izin dan restu bagi seoarang ibu atau Bundo Kandung.

"Berkat restu dan peran serta dari Bundo Kandung kita bisa meraih kesuksesan, kami berharap Bundo kandung nagari sinuruik bisa menjadi pelopor dan trenseter untuk anak gadis remaja Minang yang ada di Nagari Sinuruik bagaimana etika yang baik dalam berpakaian, duduk, berbicara, bertingkah laku dan saling menghargai," ujarnya.

Ditambahkan lagi, Bundo kanduang adalah kunci dari perwujudan generasi hebat yang berbudaya. Oleh karena itu, melalui sosialisasi ini diharapkan Bundo Kanduang nantinya akan menjadi Garda terdepan di dalam mewujudkan Generasi Hebat Nagari Sinuruik nan Berbudaya dan bertata kerama yang baik

"Semoga semua peserta bisa memahami dan mempertahankan adat istiadat, terutama definisi sumbang duo baleh yang tak bisa lepas dari kehidupan kita sehari-hari," jarnya.

Sementara itu, Bamus Nagari Sinuruik Ajumril mengatakan, Bamus Nagari Sinuruik sangat mengapresiasi kegiatan positif itu Sebab, Bundo Kandung memiliki peran penting dalam peradapan remaja di Nagari Sinuruik kedepannya.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

25 Nagari di Agam Gelar Pilwana Serentak

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:25 WIB

OPD Diminta Padang Panjang Diminta Bersinergi

Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:55 WIB

Genius Umar Tinjau Proyek Infrastruktur di 3 Desa

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:38 WIB

Ini Pemenang Desain Batik Padang Pariaman

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:04 WIB

Update Covid-19 di Bukittinggi, Satu Meninggal

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:19 WIB

Gratifikasi yang Mesti Dipahami ASN

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:17 WIB
X