Syafrizal: Aksi Demo Fokus Melirik Konflik Agraria di Sumbar

- Jumat, 24 September 2021 | 21:19 WIB
Syafrizal
Syafrizal

PADANG, HARIANHALUANHALUAN.COM- Aksi demo massa di Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diyakini berkaitan dengan konflik agraria. Tuntutan tersebut disampaikan massa saat peringatan hari tani nasional 2021.

Hal itu disampaikan Syafrizal selaku Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan Sumbar. "Rata-rata berkaitan dengan konflik agraria," ujarnya, Jumat (24/9/2021).

Syafrizal menyampaikan, salah satunya konflik PT Laras Internusa (LIN) dengan warga di Pasaman Barat. Dia menjelaskan bahwa PT LIN harusnya memberikan plasma 20 persen dari luas lahan untuk masyarakat Pasaman Barat. Namun, hingga kini warga belum menerima alokasi tersebut.

Baca Juga: Demo! Massa Ajukan 9 Tuntutan dalam Peringatan Hari Tani Nasional di Sumbar

"Setelah kami koordinasikan dengan PT LIN, mereka mengatakan siap untuk membangun, tapi ada konflik dengan Ninik Mamak di lapangan," katanya.

Persoalan ini, lanjut Syafrizal, akan disampaikan dan dikoordinasikan dengan Dinas Perkebunan Pasaman Barat agar segera diselesaikan. Sebab itu merupakan tugas dan tanggung jawab dari Dinas Perkebunan Pasaman Barat.

Tak hanya PT LIN, persoalan serupa juga terjadi antara PT Ranah Andalas Plantation (RAP) dengan warga Solok Selatan. Dia menjelaskan, sebenarnya izin pengelolaan perkebunan PT RAP sudah ada. Namun, Hak Guna Usaha (HGU) belum ada, sehingga masyarakat menuntut jatah 20 persen sesuai aturan itu belum ada.

“Jadi kami sudah menyampaikan ke Dinas Perkebunan Solok Selatan untuk diselesaikan. Kalau belum selesai akan kami tindaklanjuti segera,” katanya.

Selanjutnya konflik perushaan perkebunan di Kabupaten Agam yang pindah komoditi. Menurutnya hal tersebut tidak boleh dilakukan.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Terkini

25 Nagari di Agam Gelar Pilwana Serentak

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:25 WIB

OPD Diminta Padang Panjang Diminta Bersinergi

Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:55 WIB

Genius Umar Tinjau Proyek Infrastruktur di 3 Desa

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:38 WIB

Ini Pemenang Desain Batik Padang Pariaman

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:04 WIB

Update Covid-19 di Bukittinggi, Satu Meninggal

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:19 WIB

Gratifikasi yang Mesti Dipahami ASN

Rabu, 27 Oktober 2021 | 19:17 WIB
X