BKSDA Sumbar Bakal Tinjau Wilayah Beruang Madu Berkeliaran yang Dilihat Pelajar

- Sabtu, 25 September 2021 | 21:26 WIB
Kepala Resort BKSDA Sumbar Wilayah Sijunjung, Zulmi Gusrul
Kepala Resort BKSDA Sumbar Wilayah Sijunjung, Zulmi Gusrul

SIJUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Petugas Resort Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) Wilayah Sijunjung bakal lakukan verifikasi lapangan terkait konfilk Beruang Madu di lokasi pemukiman penduduk di Nagari Durian Gadang, Kecamatan Sijunjung yang dilihat berkeliaran oleh seorang pelajar.

Kepala Resort BKSDA Sumbar Wilayah Sijunjung, Zulmi Gusrul saat dihubungi harianhaluan.com, Sabtu (25/9/2021) mengatakan bahwa berdasarkan laporan dari masyarakat bahwa ada konflik beruang madu yang keluar masuk di Perkampungan.

"Petugas resort akan melakukan verifikasii dulu ke tempat kejadian. Kemungkinan verifikasi pada Senin 26 September 2021," kata Zulmi.

Baca Juga: Seorang Pelajar Melihat Seekor Beruang Madu Berkeliaran di Sijunjung

Ia mengimbau warga disekitar konflik satwa liar untuk sementara waktu tetap tenang. Dan apabila melihat keberadaan Beruang tersebut jangan mencoba memburu ataupun mengepung. Apalagi melukai.

"Pada intinya, Beruang tidak memangsa manusia dan mengejar. Akan tetapi dengan catatan tidak memburu, melukai dan mengepung. Jika bertemu upayakan untuk mundur, jangan maju mendekat. Dan sebisa mungkin dengungkan bunyi-bunyian," tegasnya.

Pihaknya berharap masyarakat untuk selalu waspada dan tidak melakukan tindakan yang bisa membuat Beruang tersebut merasa terancam.

"Beruang tersebut bukan pemangsa manusia, sepanjang Kita tidak mengganggu atau menyakitinya beruang tidak akan menyerang manusia," ucapnya.

Baca Juga: Sering Terlihat! Penampakan 3 Ekor Harimau di Solok Selatan, Warga Resah dan Takut ke Ladang

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Agam Hadiri Maulid Nabi di Nagari Malalak Barat

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:24 WIB

Pessel Gelar Bakti Sosial Donor Darah di KPPN

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:46 WIB

Meningkatkan Produksi Padi dengan Teknik SRI

Senin, 18 Oktober 2021 | 21:22 WIB

Pasien Sembuh Covid-19 di Agam Mencapai 7.569

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:40 WIB

Terpopuler

X