Tak Cuma Bawang, 5 Bahan Makanan Ini Ternyata juga Picu Bau Badan

- Minggu, 26 September 2021 | 03:05 WIB
bawang merah
bawang merah

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Tubuh memiliki aroma alami, tapi tidak terlalu menyengat. Tapi ketika muncul bau badan yang tidak biasa dan tajam, kemungkinan itu disebabkan oleh makanan.

Ada beberapa makanan yang bisa menyebabkan bau badan. Sebagian dari makanan itu dikenal sehat, jadi tidak harus dihindari karena bisa menyebabkan kehilangan beberapa nutrisi yang bagus. Hal harus diperhatikan adalah melakukan tindakan pencegahan ekstra dengan deodoran atau parfum untuk baunya tidak tercium.

Ahli diet terdaftar Jenny Beth Kroplin, mengungkapkan enam makanan yang dapat menyebabkan bau badan yang dilansir dari Well+Good, Jumat, 24 September 2021.

1. Bawang

Bawang mengandung allium atau senyawa belerang. Selain bawang merah dan bawang putih, daun bawang juga memiliki kandungan yang sama. "Keluarga allium mengandung mengandung belerang yang dapat larut melalui pori-pori, aliran darah, dan urine sehingga menimbulkan bau mulut, dan bergabung dengan bakteri dalam keringat yang menyebabkan bau badan," kata Kroplin.

Tapi bawang kaya nutrisi yang membantu seng dan zat besi diserap lebih baik dalam tubuh. Seng adalah nutrisi penting untuk menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh dan zat besi sangat penting untuk produksi hemoglobin dalam darah, yang mentransfer oksigen dari paru-paru ke jaringan. Hal yang perlu dilakukan adalah menyikat gigi setelah memakannya dan mengoleskan deodoran di ketiak.

2. Asparagus

Kroplin mengatakan asparagus memiliki kesamaan dengan bawang, dapat memengaruhi bau kencing. "Asparagus dianggap sebagai diuretik alami yang mendukung ginjal dan kandung kemih. Karena tubuh secara alami mencerna dan memecah senyawa sulfat asam asparagus, sayuran ini dapat membuat urin berbau seperti asparagus," katanya. "Beberapa penelitian menunjukkan dua bahan kimia alami yang ditemukan di asparagus, methanethiol dan S-methyl thioester, yang melalui proses pencernaan dapat membuat urin bau belerang.”

3. Sayuran silangan

Sayuran silangan seperti kembang kol dan kubis Brussel menyebabkan perubahan bau badan, juga mungkin pada kentut dan kotoran. Ini karena sayuran tersebut mengandung belerang. Menurut ahli diet terdaftar Brigitte Zeitlin, untuk mencegah bau badan, memasaknya sebelum dimakan lebih baik daripada memakannya mentah.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Tempo.co

Tags

Terkini

Sedang Diteliti, Ada Orang-orang yang Kebal Covid-19

Kamis, 21 Oktober 2021 | 04:05 WIB

Kapolda Sumbar Tinjau Vaksinasi Massal di Pasaman

Rabu, 20 Oktober 2021 | 20:50 WIB

Terpopuler

X