Penampakan Harimau, BKSDA Sumbar Investigasi Hari Ini ke Solok Selatan

- Minggu, 26 September 2021 | 09:37 WIB

HARIANHALUAN.COM - Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat (Sumbar) turunkan tim untuk melakukan investigasi terkait penampakan tiga ekor Harimau Sumatera di Balun Sungai Puah Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Kabupaten Solok Selatan (Solsel).

"Ada lima orang yang sudah berangkat tadi malam menuju Solsel. Kelimanya merupakan tim awal dari BKSDA Sumbar guna melakukan investigasi lapangan di wilayah konflik satwa liar," kata Kepala BKSDA Sumbar, Ardi Andono saat dihubungi harianhaluan.com, Minggu (26/9/2021).

Selama di Solsel, katanya, tim BKSDA bakal melakukan identifikasi lokasi. "Berupa identifikasi jejak harimau, kotoran dan cakaran dari hewan liar tersebut," kata Ardi.

Baca Juga: Sering Terlihat! Penampakan 3 Ekor Harimau di Solok Selatan, Warga Resah dan Takut ke Ladang

Selain itu, selama proses investigasi tim di Solsel juga bakal memasang kamera trap disekitar lokasi konflik satwa liar.

"Setelah wawancara dengan warga yang melihat serta berdasarkan data yang ditampilkan kamera nantinya baru bisa dianalisa keberadaan harimau tersebut," ujarnya.

Baca Juga: BKSDA Sumbar Bakal Tinjau Wilayah Beruang Madu Berkeliaran yang Dilihat Pelajar

Oleh sebab itu, kata Ardi, data tersebut sangat penting untuk mengetahui berapa jumlah dan jenis kelamin dari harimau sumatera itu. "Ada kemungkinan bukan harimau saja," lanjutnya.

Terkait perburuan harimau sumatera pihaknya mengakui masih terjadi di Sumbar untuk itu pihaknya serius dalam mengidentifikasi konflik.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Bupati Agam Hadiri Maulid Nabi di Nagari Malalak Barat

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:24 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB

Terpopuler

X