Milad Pertama Pondok Baca Bariesta Community Agam Dimeriahkan Lomba Menggambar dan Randai

- Minggu, 26 September 2021 | 16:05 WIB
Milad Pertama Pondok Baca BC Bukittinggi Diwarnai Lomba Menggambar
Milad Pertama Pondok Baca BC Bukittinggi Diwarnai Lomba Menggambar

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Sekitar 100 peserta lomba menggambar dan mewarnai menyemarakan acara Milad ke-1 Pondok Baca dan Bariesta Community (BC) Jalan Rajang Aro, Gadut Agam (Minggu 26/9) pagi. Peserta yang ikut Lomba kali ini terdiri dari dua kategori, yaitu mewarnai yang berasal dari siswa kelas 1 hingga IV Sekolah Dasar (SD), dan menggambar dari siswa yang berusia 9 tahun ke atas.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan acara Milad Pondok Baca Bariesta Community hari ini. Dengan kegiatan-kegiatan positif yang diusung hari ini kita harapkan generasi kita bisa menumbuhkan minat bacanya dan mengasah bakat-bakat mereka yang terpendam., “demikian sambutan Ir. Fairusman Dt. Piranggo Anggota DPRD Kabupaten Agam Fraksi Golkar didampingi Wakil Sekretaris DPD Partai Golkar Agam, Jendra Mukhda, SE, Dt. Nagari Basa.

Kegiatan-kegiatan semacam ini, ungkap Drs. Masferi Edi, Wali Nagari Gadut selain membantu program pemerintah dalam mengembangkan Literasi juga da pat menghindari anak-anak kita ketergantungan akan gawai (gajet). Setidaknya acara-acara seperti ini mampu menjadi wadah kreatifitas bagi anak-anak kita mengembangkan minat bakatnya.

Baca Juga: Cadangan Daya Lebih Dari 50 Persen, PLN Siap Sambut Investor ke Indonesia

“Acara dan kegiatan-kegiatan seperti mesti berkelanjutan. Artinya, tidak terbatas pada moment-moment peringatan Milad seperti saat ini saja. Akan tetapi, program-program yang ada tersebut kita laksanakan setiap Minggunya dan berkesinambungan. Sebab, tanpa kegiatan rutin tersebut sebuah pondok Baca dan komunitas tidak akan bertahan lama, “ujar Sri Eka Handayani penerima Nugra Jasadarma Pustaloka dan Apresiasi TBM Kreatif-Rekreatif tahun 2021 dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) dan Dirjen Paud Dinas Pendidikan (Diknas) dan Dikmen Kemendikbud Nasional Republik Indonesia.

Founder Rumah Baca Anak Nagari (RBAN) Kab. Agam ini menjelaskan bahwa untuk menjadikan rumah Baca dan komunitas ini mampu bertahan dan menjadi yang terdepan memang membutuhkan kerja keras, kerjasa sama dan kekompakan yang alot dari pengurus pengeraknya dengan masyarakat di sekitar, serta sentuhan dan perhatian petinggi-petinggi di Pemerintahan.

“Rumah Baca atau Pondok Baca mesti punya Visi Misi dan tekad yang kuat agar mampu bertahan dan menjadi yang terdepan. Kerjasa keras, Kerjasama dan kekompakan semua pihak serta perhatian dari petinggi-petinggi Nagari dan Pemerintahan sangat diharapkan agar Rumah Baca ini mampu bersaing dan membanggakan Nagarinya, “tambah Sri Eka Handayani lagi.

Dengan kegiatan ini, kita berhasil mencari bakat-bakat baru dalam menggambar dan mewarnai, ungkap M.Ridho Afresiano, selaku ketua Paniitia Acara. Pemenang menggambar di antaranya: Hilwa Aziza (juara 1), Alifa Ashara (juara 2) dan Najra Zaharatul Qalbi (juara 3). Sementara untuk lomba mewarnai diraih oleh Alfatihul Azim (Juara I), Harisman Raditya (Juara 2), dan Athira Luthfia Ramadian (juara 3).

Rangkaian acara ini, Kata Ketua Bariesta Community, Efnawati, tidak hanya dimeriahkan dengan lomba Menggambar dan mewarnai saja, tetapi juga Tausiah selepas Zhuhur dan Penampilan Randai oleh anak-anak remaja Bariesta Community malam nanti yang akan dihadiri oleh Bupati Agam, Dr. H. Andri Warman, MM. (*)

Editor: Heldi Satria

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Ayo Bangkit dari Covid-19 !!

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:20 WIB

BP4 Kota Pariaman Teken MoU dengan 4 KUA dan 71 Kades

Jumat, 15 Oktober 2021 | 23:44 WIB

Wabup Pesisir Selatan Buka Musda GOW di Gedung PCC

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:45 WIB

Wakil Wali Kota Solok Buka Bimtek Tim Penggerak PKK

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:40 WIB

Terpopuler

X