Tim BKSDA Sumbar Turun Lakukan Pengecekan Kemunculan Tiga Harimau Sumatera di Solok Selatan

- Senin, 27 September 2021 | 07:29 WIB
Balai KSDA Sumbar turunkan tim pananganan konflik satwa di Nagari Persiapan Balun Pakan Rabaa Tangah Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan
Balai KSDA Sumbar turunkan tim pananganan konflik satwa di Nagari Persiapan Balun Pakan Rabaa Tangah Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh Kabupaten Solok Selatan

PADANG ARO, HARIANHALUAN.COM - Menanggapi laporan masyarakat tentang informasi terjadinya penampakan satwa liar jenis harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Nagari Persiapan Balun Pakan Rabaa Tangah Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD) Kabupaten Solok Selatan, Balai KSDA Sumbar turunkan tim pananganan konflik satwa.

Penampakan satwa liar jenis harimau sumatera kembali terjadi untuk kesekian kalinya di wilayah Sumatera Barat. Kali ini terjadi di Nagari Persiapan Balun Pakan Rabaa Tangah Kecamatan KPGD Kabupaten Solok Selatan.

Dari keterangan Kepala Jorong Sungai Ipuh Randi Risno yang ditemui di lokasi diketahui bahwa pada hari kamis 2 September 2021 saat pergi ke ladang melihat penampakan satwa liar jenis Harimau Sumatera, tanpa berpikir panjang langsung lari ke perkampungan dan bercerita kepada warga yang lain bahwa ia melihat harimau.

Baca Juga: Penampakan Harimau, BKSDA Sumbar Investigasi Hari Ini ke Solok Selatan

Merasa tidak nyaman dengan keberadaan harimau sumatera yg terlihat dikebun tersebut, pada tanggal 13 September 2021, Randi lantas membuat surat pernyataan di Kantor Wali Nagari tentang perjumpaan satwa liar dilokasi kebun yang di alaminya.

Tidak berapa lama tanggal 20 September seorang warga lain bernama Jul Masri (46 thn) bersama istrinya saat pulang dari ladang dikejutkan oleh penampakan harimau sumatera di pinggir sungai batang Suliti. 

Kami melihat 2 ekor harimau saat pulang dari menyadap getah karet sekitar pukul 15:30 WIB," imbuhnya.

Baca Juga: Sering Terlihat! Penampakan 3 Ekor Harimau di Solok Selatan, Warga Resah dan Takut ke Ladang

Dari informasi yang diperoleh petugas di lapangan bahwa ada warga atas nama Heri mendapat cerita dari sopir travel yg memberikan kabar bahwa melihat harimau sebanyak 3 ekor melintas di jalan ke arah Batang Suliti.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Ayo Bangkit dari Covid-19 !!

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:20 WIB

BP4 Kota Pariaman Teken MoU dengan 4 KUA dan 71 Kades

Jumat, 15 Oktober 2021 | 23:44 WIB

Wabup Pesisir Selatan Buka Musda GOW di Gedung PCC

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:45 WIB

Wakil Wali Kota Solok Buka Bimtek Tim Penggerak PKK

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:40 WIB

Terpopuler

X