Petani Menjerit, Harga Pupuk Melambung Tinggi di Dharmasraya

- Senin, 27 September 2021 | 11:21 WIB
Harga Pupuk Melambung Tinggi di Dharmasraya membuat petani resah.
Harga Pupuk Melambung Tinggi di Dharmasraya membuat petani resah.

PULAU PUNJUNG, HARIANHALUAN.COM - Harga jual pupuk di tingkat distributor dan pengecer di wilayah Kabupaten Dharmasraya, Sumatera Barat, terpantau melambung tinggi dan seperti tidak terkendali sejak beberapa waktu terakhir.

Kondisi tersebut cukup membuat resah masyarakat petani di daerah itu karena nilai kenaikan harga sangat jauh diatas rata-rata toleransi berdasarkan Harga Eceran Tertinggi (HET) yang ditetapkan pemerintah.

Seperti diungkapkan salah seorang petani di daerah Kecamatan Sitiung Blok B, Sunaryanto (42), untuk pupuk jenis TSP biasanya ia bisa membeli dengan harga tertinggi Rp 350 ribu per karungnya.

"Saat ini pupuk itu baru bisa ditebus dengan harga kisaran Rp 500 ribu per karung, namun karena tanaman kelapa sawit saya butuh itu mau tidak mau saya harus beli, " sesalnya.

Menurutnya, meskipun mudah didapatkan namun dengan harga jual yang tinggi cukup menyulitkan ia bersama masyarakat petani lainnya karena harus mengeluarkan modal tambahan pada saat pemupukan.

Tak hanya itu, lanjutnya, beberapa jenis pupuk lainnya seperti Kcl dan lain-lain juga mengalami peningkatan harga yang cukup signifikan.

"Ini bukan naik lagi namanya tapi sudah mengganti harga, sementara pupuk subsidi yang kami harapkan bisa jadi solusi juga raib entah kemana, " tegasnya.

Terpisah, salah seorang pengecer pupuk yang enggan disebutkan namanya, mengaku kenaikan harga yang terjadi itu dipicu oleh naiknya harga jual pada tingkat distributor.

"Kami lebih cenderung tidak melakukan stoking dan lebih memilih sekadar menyalurkan barang dari distributor karena terbatasnya modal, "tutupnya.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

Ayo Bangkit dari Covid-19 !!

Sabtu, 16 Oktober 2021 | 23:20 WIB

BP4 Kota Pariaman Teken MoU dengan 4 KUA dan 71 Kades

Jumat, 15 Oktober 2021 | 23:44 WIB

Wabup Pesisir Selatan Buka Musda GOW di Gedung PCC

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:45 WIB

Wakil Wali Kota Solok Buka Bimtek Tim Penggerak PKK

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:40 WIB

Terpopuler

X