Mengadu ke DPRD Padang, Warga Teluk Bayur Minta Bantuan Penyelesaian Kepemilikan Lahan

- Senin, 27 September 2021 | 20:15 WIB
Mengadu ke DPRD Padang, Warga Teluk Bayur Minta Bantuan Penyelesaian Kepemilikan Lahan
Mengadu ke DPRD Padang, Warga Teluk Bayur Minta Bantuan Penyelesaian Kepemilikan Lahan

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sejumlah warga Teluk Bayur mendatangi Kantor DPRD Padang untuk mengadukan nasib mereka soal kepemilikan lahan yang berada di Bukit Peti-Peti, Senin (27/9/2021). Warga mengadu lantaran tanah tersebut akan segera dikuasai oleh Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) II Padang.

Ketua RW 01 di Kelurahan Teluk Bayur Aprizayanti menjelaskan, Lantamal akan membuat sertifikat lahan yang berada di Bukit Peti-Peti tersebut. Lantamal mengklaim tanah tersebut telah dihibahkan oleh pemilik lahan yang bernama Maratando.

Namun, Aprizayanti mengatakan warga Teluk Bayur hingga kini tidak mengetahui orang yang bernama Maratando tersebut.

"Bukit Peti-Peti diklaim milik Maratando. Karena Maratando yang merasa dia punya Bukit Peti-Peti, dia menghibahkan ke Lantamal. Lucunya, kami tidak mengenal Maratando hingga saat ini," jelasnya.

Dia bersama warga lainnya tak terima jika Lantamal dengan mudahnya membuat sertifikat lahan tersebut. Menurut Aprizayanti, lahan seluas 6,5 hektar itu telah dihuni dan dipergunakan oleh warga sebagai tempat pemukiman dan ladang masyarakat selama puluhan tahun.

Baca Juga: Tingkatkan Pelayanan Masyarakat, Pemko Padang Sampaikan 3 Ranperda

"Di lahan itu rumah masyarakat, ada ladang masyarakat. Warga telah menanam cengkeh mulai tahun 1971 di situ," tambahnya.

Karena persoalan ini akhirnya Aprizayanti bersama warga lainnya datang ke DPRD Padang untuk meminta bantuan penyelesaian.

Menanggapi keluhan tersebut, Ketua DPRD Padang Syafrial Kani meminta warga Teluk Bayur untuk menghadirkan data pendukung dan surat referensi lainnya yang menunjukkan bahwa lahan itu merupakan milik masyarakat.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Tags

Terkini

Pemko Padang Kejar Target Vaksinasi 70%

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:36 WIB

Wako Padang Hendri Septa Dikunjungi MUI Kota Makassar

Selasa, 19 Oktober 2021 | 16:52 WIB

Petani di Padang Kesulitan Dapat Pupuk Subsidi

Selasa, 19 Oktober 2021 | 09:15 WIB

Terpopuler

X