Gamawan Fauzi Sebut Tahun 1800-an Masyarakat Sumbar Sudah Menuntut Ilmu di Belanda

- Rabu, 29 September 2021 | 06:23 WIB
Gubernur Sumbar ke-7, Gamawan Fauzi
Gubernur Sumbar ke-7, Gamawan Fauzi

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Dalam membangkitkan semangat hidup orang minang yang dikenal sebagai industri otak dalam berkarya, berfikir melahirkan gagasan dan ide-ide baru, gelaran pekan kebudayaan merupakan sebuah wadah aktivitas posisif sebagai semangat membangun daerah di Sumbar.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumbar ke-7, Gamawan Fauzi dalam silaturrahmi dengan Dinas Kebudayaan dan Biro Administrasi Pimpinan Sekretariat Provinsi Sumatera Barat di rumah kediaman, Padang.

Baca Juga: Jelang Pilkada, Tokoh Minang Gamawan Fauzi Bocorkan Kisi-kisi Memilih Pemimpin

Gamawan Fauzi memuji Pemprov Sumbar dengan kegiatan Dinas Kebudayaan Sumbar yang mengelar Pekan Budaya sebagai ajang kreativitas daerah terutama mendorong aktifitas para budayawan, seniman dan wartawan untuk ikut serta memajukan pembangunan daerah.

"Kita pujikan Gubernur Sumbar bersama Buk Ranti yang melakukan kegiatan Pekan Bidaya sebagai sebuah wadah membangkitkan semangat kebersamaan membangunan Sumbar, dimasa melawan wabah pandemi covid ini," ujar mantan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) itu.

Baca Juga: 14 Karya Budaya Sumbar Ditetapkan Sebagai WBTbI

Gamawan juga menyampaikan, kondisi potensi daerah Sumbar yang amat terbatas dengan kondisi wilayah yang berbukit-bukit lahan pertanian tak luas, potensi sumber daya alam yang sedikit tak sebesar potensi sumber daya alam daerah lainnya serta termasuk PAD daerah yang kecil.

"Sejak dahulu unggulan Sumbar itu terletak pada sumberdaya manusianya. Dahulu disaat daerah lain belum memiliki banyak wadah pendidikan, Sumbar telah banyak melahirkan tokoh-tokoh hebat nasional. Dimana tahun 1800 an orang-orang Sumbar sudah bersekolah di negeri Belanda," ungkapnya.

Gamawan juga menyampaikan coba pelajari nasehat Sun Tzu, “Kenali dirimu sendiri, dan kenali pula musuhmu. Niscaya dalam 100 pertempuran akan ada 100 kali kemenangan.” Ini kata-katanya yang paling terkenal.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Anak Usia 7-13 Tahun Berisiko Tinggi Stunting

Rabu, 20 Oktober 2021 | 15:12 WIB

Batu Kambiang Agam Vaksinasi 370 Warganya

Rabu, 20 Oktober 2021 | 14:33 WIB

108 Hektare Lahan Sumbar tak Ada Kejelasan Hukum

Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:45 WIB

Bupati Agam Hadiri Maulid Nabi di Nagari Malalak Barat

Selasa, 19 Oktober 2021 | 14:24 WIB

Terpopuler

X