Ini 3 Fungsi Penting Lampu Sein Kendaraan yang Harus Diketahui

Heldi Satria
- Minggu, 3 Oktober 2021 | 12:40 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

 

HARIANHALUAN.COM - Kendaraan sepeda motor lumrahnya memiliki dua lampu sein, kanan dan kiri. Tetapi, untuk alasan yang tak diketahui, masih banyak pengendara yang tak memfungsikan atau menyalahgunakannya. Penggunaan lampu sein yang tepat merupakan salah satu safety riding yang harus diketahui pengendara sepeda motor.

Sebut saja ibu-ibu yang kerap muncul di akun sosmed berkat hidupkan lampu sein kiri, malah belok ke kanan. Padahal, perilaku tak menggunakan atau menyalahgunakan lampu sein ketika berkendara justru dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain, untuk itu penting bagi Anda memahami fungsi lampu sein.

Berdasar situs astramotor.co.id, berikut tiga fungsi penting nyalakan lampu sein:

1. Sebagai petunjuk untuk motor ketika berbelok

Lampu sein terletak di samping kiri dan kanan lampu utama dan lampu rem. Lampu sein berguna sebagai indikator bahwa motor akan berbelok, sebagai petunjuk arah belok bagi pengendara di belakang.

Namun, seringkali masih ditemui di jalanan, orang yang hendak berbelok ke kanan namun menyalakan lampu sein ke kiri, begitupula sebaliknya. Meskipun ini merupakan hal yang sepele, namun cukup meresahkan para pengendara motor yang lain. Jadi, bagi Anda gunakan lampu sein yang tepat, apakah hendak berbelok ke kanan atau ke kiri, agar tidak mengganggu pengendara di belakang.

2. Mengurangi risiko kecelakaan

Pentingnya lampu sein selanjutnya adalah untuk mengurangi risiko terjadinya kecelakaan. Apabila semua motor tidak dibekali dengan lampu sein atau para pengendara tidak menggunakan lampu sein ketika hendak berbelok dapat menyebabkan pengendara lain tidak tahu ke mana motor lainnya hendak berbelok.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: tempo.id

Tags

Terkini

Wali Kota Padang Panjang Teken MoU dengan BPIP

Sabtu, 20 Agustus 2022 | 11:44 WIB

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X