Tips Menjaga dan Merawat Jantung Agar Tetap Muda

- Minggu, 3 Oktober 2021 | 20:34 WIB
Ilustrasi sakit jantung; Gejala jantung bengkak jalan disadari. Karenanya, berikut penyebab, ciri-ciri hingga daftar makanan penderita jantung bengkak. (Shutterstock)
Ilustrasi sakit jantung; Gejala jantung bengkak jalan disadari. Karenanya, berikut penyebab, ciri-ciri hingga daftar makanan penderita jantung bengkak. (Shutterstock)


HARIANHALUAN.COM - Organ tubuh akan menua seiring bertambahnya usia. Hal ini yang kemungkinan akan meningkatkan risiko terkena masalah kardiovaskular semakin tinggi.

Setiap orang bisa terkena penyakit ini, oleh karena itu berusaha mencegahnya adalah salah satu langkah tepat. Melansir dari Healthshots, berikut beberapa cara menjaga kesehatan jantung, antara lain:

1. Konsumsi squalene

Squalene hadir dalam jumlah kecil dalam tubuh manusia. Bayi baru lahir menunjukkan jumlah squalene tertinggi dalam darah mereka, tetapi jumlah ini menurun dengan cepat selama bertahun-tahun. Konsentrasi squalene dalam darah turun drastis antara usia 30 dan 40 tahun. Tapi jangan khawatir, karena zaitun kaya akan squalene.

Squalene juga dapat ditemukan dalam minyak yang diekstraksi dari bayam. Squalene memiliki kapasitas untuk meningkatkan kolesterol baik (HDL) dan pada saat yang sama menurunkan kolesterol jahat (LDL).

2. Berolahraga secara teratur

Aktivitas fisik sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Mulailah melakukan latihan aerobik atau latihan kekuatan yang akan membantu Anda menurunkan berat badan.

Disarankan untuk memilih aktivitas aerobik seperti jalan cepat atau jogging setidaknya 150 menit seminggu.

3. Menanamkan kebiasaan makan yang baik

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Sumber: himedik.com

Tags

Terkini

15 Warga Pariaman Bakal Dilatih Daur Ulang Sampah

Selasa, 18 Januari 2022 | 18:48 WIB

66 CPNS Solok Terima SK Pengangkatan PNS

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:45 WIB

Ingat! Satpol PP Padang Garda Terdepan Penegak Perda

Selasa, 18 Januari 2022 | 15:16 WIB
X