Semalaman Terapung di Laut, Amaik Nelayan Tuapejat Ditemukan Selamat

Rahma Nurjana
- Senin, 4 Oktober 2021 | 14:36 WIB
Seorang nelayan Tuapejat Amaik (52) yang sempat dilaporkan hilang pada Sabtu (02/10) lalu ditemukan selamat.
Seorang nelayan Tuapejat Amaik (52) yang sempat dilaporkan hilang pada Sabtu (02/10) lalu ditemukan selamat.

MENTAWAI, HARIANHALUAN.COM - Semalaman mengapung di laut, seorang nelayan asal Tuapejat, Kabupaten Mentawai, Amaik (52) yang sempat dilaporkan hilang pada Sabtu (02/10) lalu ditemukan selamat.

Kepala Kantor SAR Kelas B Mentawai Akmal menyebutkan bahwa nelayan tersebut dihantam badai saat perjalanan pulang setelah seminggu memancing di perairan laut karang bajat.

"Jadi saat pulang, waktu itu malam hari nelayan tersebut dihantam badai sehingga 3 fiber kotak ikan korban berserakan di laut. Esok harinya ditemukan oleh nelayan lainnya dan dibawa ke Tuapejat, sebelum melaporkan peristiwa ini ke Tim SAR sejumlah nelayan melakukan pencarian mandiri," ungkapnya.

Ia menyebutkan korban berpegang kuat dan tidak melepaskan perahunya yang dihanyutkan oleh arus laut. sementara itu perahu kayu tradisional panjang 5 meter dengan mesin tempel 5 pk tersebut telah dipenuhi air dan nyaris tenggelam. Beruntung perahu itu masih bisa mengapung.

"Setelah mendapatkan informasi kita langsung menghubungi Stasiun Radio Pantai (Srop) untuk meradio kapal-kapal yang berlayar di Mentawai untuk memberikan informasi jika melihat nelayan yang dilaporkan hilang tersebut," terang Akmal

Akhirnya, kata Akmal, satu Kapal pesiar atau kapal bule yang hendak berlayar menuju Padang menemukan korban dengan selamat dan kemudian di evakuasi ke kapal ikan, karena kapal surfing tersebut segera berlayar ke Padang.

"Kapal pesiar velican menemukan korban dan langsung menghubungi Stasiun Radio Pantai. Setelah itu dievakuasi ke kapal ikan KM AZZIRA. Informasi tersebut kita dapatkan pada minggu (03/10) malam sekira pukul 20:00 Wib, kemudian kita melakukan koordinasi dengan KM AZIRA pada pukul 09:00 WIB dan langsung mengevakuasi korban dengan kondisi selamat," paparnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat antara lain Tim Rescue SAR Mentawai, BPBD, KODIM 0319 Mentawai, POL AIR Mentawai, SROP, POS AL Mentawai dan Masyarakat. (redi)

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

Andalas Santri's Camp di Padang Panjang Resmi Ditutup

Sabtu, 27 November 2021 | 14:15 WIB

Wako Fadly Amran Sampaikan Ranperda APBD 2022

Jumat, 26 November 2021 | 22:30 WIB

Bupati Agam Lepas 40 Bibit Ikan di Launching Baganang

Jumat, 26 November 2021 | 16:45 WIB
X