Demi Keselamatan SIswa, Dishub Pariaman akan Tambah Zona Selamat Sekolah Tahun Depan

- Senin, 4 Oktober 2021 | 15:59 WIB
ZoSS dekat kawasan Sekolah Dasar Negeri 15 Ampalu Kota Pariaman.
ZoSS dekat kawasan Sekolah Dasar Negeri 15 Ampalu Kota Pariaman.

PARIAMAN, HARIANHALUAN.COM - Sudah banyak juga kawasan lingkungan sekolah di Kota Pariaman dilengkapi Zona Selamat Sekolah (ZoSS), terutama sekolah-sekolah yang berdekatan dengan jalur jalan ramai lalu lintas.

Seperti di kawasan SDN 15 Ampalu, juga di Sekolah Dasar di Kelurahan Kampung Jawa I, juga ada ZoSS meski sudah memudar.

Namun pada kawasan jalan raya di depan SD 01 Balai Nareh belum ada ZoSS, cuma zebra cross dengan warna cat putih untuk penyeberang jalan, demikian terpantau harianhaluan.com, Senin (4/10-2021).

ZoSS, merupakan suatu kawasan di sekitar sekolah terhadap pengendalian kecepatan lalu lintas kendaraan di areal tersebut.

"Memang sudah banyak juga kawasan sekolah di Kota Pariaman di lengkapi Zoss, terutama sekolah yang berada di kawasan jalur utama," kata Kanderi, Kadis Pendidikan Pemuda Olahraga Kota Pariaman saat dihubungi.

Zoss perlu ditambah karena masih ada kawasan sekolah yang berada terutama dekat jalan raya tak ada ZoSSnya.

Terhadap hal ini diharapkan ke depan keberadaan Zoss di lingkungan sekolah akan terus bertambah, karena penting untuk keamanan dan kenyamanan sekolah terutama siswa yang memanfaatkan jalur tersebut. Contoh saat siswa mau menyeberang jalan atau sebaliknya saat keluar dari sekolah.

Sementara Kepala Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Yanrileza yang dihubungi terkait hal tersebut mengatakan, melalui anggaran tahun depan akan di tambah lagi pembuatan ZoSS dikawasan sekolah yang ada di kota ini. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

Andalas Santri's Camp di Padang Panjang Resmi Ditutup

Sabtu, 27 November 2021 | 14:15 WIB

Wako Fadly Amran Sampaikan Ranperda APBD 2022

Jumat, 26 November 2021 | 22:30 WIB

Bupati Agam Lepas 40 Bibit Ikan di Launching Baganang

Jumat, 26 November 2021 | 16:45 WIB
X