Ada Apa dengan Video Viral TikTok dan NFT?

- Selasa, 5 Oktober 2021 | 17:00 WIB
Ilustrasi TikTok Top Moments
Ilustrasi TikTok Top Moments

 

 

Platform video pendek TikTok baru-baru ini mulai memanfaatkan Non Fungible Token (NFT). Video viral di TikTok pun bisa dijual dalam bentuk NFT di fitur baru TikTok Top Moments. Fitur tersebut berisi berbagai konten video viral yang dibuat para kreator. 

TikTok pun mengungkapkan bahwa video yang dijual dalam bentuk NFT itu bisa mendukung kreativitas kreator konten akan video yang dibuatnya, seperti mendapatkan bonus tambahan.

Karya video TikTok NFT itu pun tersedia dalam bentuk mata uang kripto Ethereum yang didukung oleh Immutable X. TikTok Top Moments sendiri akan menampilkan 6 video paling populer dan banyak disukai.

Mulai 6 Oktober 2021 nanti, TikTok juga akan melelang video edisi terbatas dan menjualnya tiap minggu sepanjang bulan Oktober. Kreator TikTok yang terlibat dalam program Top Moments itu antara lain Lil Nas X, Rudy Willingham, Bella Poarch, Curtis Roach, Brittany Broski, FNMeka, Jess Marciante, dan Gary Vaynerchuk.

TikTok bermitra dengan para selebritas untuk merilis video TikTok dalam bentuk NFT atau token yang tidak bisa dipertukarkan. NFT merupakan aset digital unik yang terverifikasi yang tidak bisa direplikasi ataupun diduplikasi. Dengan kata lain, NFT pada dasarnya seperti kartu bisbol edisi terbatas atau barang kolektor.

Sebagian besar keuntungan penjualan tersebut diklaim akan langsung diberikan kepada kreator dan selebritas yang terlibat. Sisanya akan masuk ke Immutable X. Namun, pihak TikTok sendiri menolak membagikan persentase detailnya lebih lanjut. 

Immutable X dikabarkan menjadi tuan rumah TikTok yang akan menampilkan 6 video paling populer dalam koleksi TikTok Top Moments. Selain itu, Immutable X juga menangani perdagangan NFT untuk set dan Museum of the Moving Image.

Halaman:

Editor: Hisni Munafarifana

Tags

Terkini

Wagub Sumbar Sorot Wali Kota Padang, Ini Penyebabnya

Senin, 17 Januari 2022 | 15:01 WIB

Simpeg Solsel Berbasis Lokasi Mulai Diterapkan

Senin, 17 Januari 2022 | 14:40 WIB

Cara Merawat Budaya Nagari di Sumbar, Ini Solusinya

Senin, 17 Januari 2022 | 12:46 WIB

Hasil Perikanan Konsumsi Terbesar di Sumbar

Senin, 17 Januari 2022 | 12:34 WIB

Bocah 9 Tahun Diterkam Buaya di Lubuk Basung

Senin, 17 Januari 2022 | 11:46 WIB

Hari Ini, Sumbar Berpotensi Dilanda Hujan Ringan

Senin, 17 Januari 2022 | 09:45 WIB

Pemerintah Beli 6 Juta Dosis Vaksin Sinovac

Senin, 17 Januari 2022 | 03:25 WIB
X