Libur Akhir Tahun, Hotel dan Restoran di Bukittinggi Belum Lakukan Persiapan

- Sabtu, 9 Oktober 2021 | 15:11 WIB
Kantor Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bukittinggi, Grand Rocky Hotel lantai dasar
Kantor Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Bukittinggi, Grand Rocky Hotel lantai dasar

 

BUKITTINGGI, HARIANHALUAN.COM - Mendekati liburan tahun baru, biasanya pegiat-pegiat bisnis di sektor pariwisata sudah mulai melakukan persiapan. Di Bukittinggi yang dikenal dengan kota wisata, industri perhotelan dan restoran belum menunjukkan persiapan yang signifikan.

Menurut Taufiq Hidayat, S.E, Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) Bukittinggi, persiapan yang belum maksimal ini dikarenakan harus ada koordinasi dan komunikasi dengan pemerintahan dan instansi terkait.

"Takutnya ada regulasi mendadak, seperti rem mendadak yang pernah dilakukan untuk menekan angka Covid-19," ujarnya kepada Harianhaluan.com, Sabtu (9/10/2021).

Mewakili suara pengelola hotel dan restoran di Bukittinggi, Taufiq menyampaikan harapannya agar untuk liburan akhir tahun, semua sektor pariwisata bisa berjalan normal seperti sebelum pandemi Covid-19. Tapi dengan catatan, setiap industri yang berhubungan dengan lalu lintas manusia harus menerapkan dan menjalankan protokol kesehatan yang maksimal.

"Sekarang sudah ada barcode (aplikasi pedulilindungi) yang bisa diterapkan secara efektif. Kalau sudah efektif, sektor pariwisata bisa berangsur membaik," tuturnya.

Barcode bisa diaplikasikan dengan data vaksin yang diinput. Harapannya, dengan diterapkan barcode tersebut, warga yang ingin menjalankan aktivitas di lokasi wisata haruslah warga yang sudah divaksin. Hal ini juga dapat menggenjot tingkat vaksinasi di Sumatra Barat, khususnya di Bukittinggi. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

KKP Abadikan Keindahan Bawah Laut Mandeh

Jumat, 19 Agustus 2022 | 15:49 WIB
X