KMDM Sedekah Pangan Sehat untuk Kedaulatan Pangan

- Minggu, 10 Oktober 2021 | 00:08 WIB
Sedekah Pangan Sehat
Sedekah Pangan Sehat


PADANG, HARIANHALUAN.COM - Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM), genap setahun sudah melaksanakan Sedekah Pangan Sehat (SPS) yang diselenggarakan pada setiap hari Jumat. Tujunya untuk  mewujudkan kedaulatan pangan bagi rakyat.

Ketua KMDM Virtuous Setyaka mengatakan, Program SPS ini sudah diselenggarakan sejak September 2020 sampai Jumat, (8/10/2021).

"Jumat ini sudah setahun lebih program ini terselenggara dan tidak pernah terputus setiap Jumat. Bahkan ketika hari bertepatan dengan Hari Raya," paparnya.

Jumat merupakan hari puncak pengumpulan donasi yanguntuk produk pangan segar, sehat, dan ramah lingkungan dari para produsen (petani, peternak, nelayan, dan pelaku UMKM). Produsen ini juga menjadi pemasok pada Pasar Rabu Tani (PRT)—dengan Direktur Zukri Zulkifli—sebagai unit usaha Koperasi Mandiri Dan Merdeka (KMDM).

“Pangan segar, sehat, dan ramah lingkungan selama ini diserahkan kepada anak-anak asuh di panti asuhan dan santri di rumah tahfidz yang ada di Kota Padang dan sekitarnya yang bisa dijangkau oleh Tim SPS dengan Manajer Program Eli Ratni (Bendahara KMDM/Dosen Faterna Unand),” ujar Dosen HI FISIP Universitas Andalas (Unand) ini.

Para donatur Program SPS adalah Anggota KMDM secara perorangan dan non-anggota. Baik perorangan ataupun instansi/organisasi/kelompok yang tidak hanya berdomisili di Kota Padang, namun tersebar di luar kota, luar provinsi, bahkan di luar negeri (para perantau atau diaspora Indonesia di manapun berada).

"Para donatur, baik yang sudah mulai menjadi donatur tetap maupun belum, mentransfer donasi mereka langsung ke rekening KMDM. Dengan demikian maka efek berlipatganda dari program ini dapat dirasakan secara langsung maupun tidak langsung oleh banyak pihak," jelas Virtuous.

Selain memberi asupan bergizi bagi para penerima manfaat, asupan rohani bagi para donatur, juga asupan modal produksi kembali kepada para produsen pemasok PRT KMDM secara terus menerus atau berkelanjutan.

Selain menyampaikan SPS, KMDM juga memberikan pendampingan langsung bagi para produsen maupun panti asuhan dan rumah tahfidz yang ada di Kota Padang tersebut, untuk membangun kemandirian pangan dan ekonomi mereka ke depan. Di antaranya adalah dengan sistem pertanian terpadu dan optimalisasi koperasi (jika sudah ada, atau pendirian koperasi baru).

Selanjutnya, KMDM akan menjalin kerjasama dalam pemasaran produk yang mereka hasilkan dan sebelumnya dikumpulkan di koperasi mereka.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Tags

Terkini

Pemko Pariaman Lakukan Pengamanan Aset Daerah

Sabtu, 21 Mei 2022 | 21:48 WIB

Volume Sampah Kota Pariaman Alami Peningkatan

Sabtu, 21 Mei 2022 | 18:17 WIB
X