Kabar Gembira! Jamaah Umrah yang Sudah Antre Prioritas Diberangkatkan Lebih Dulu

Nova Anggraini
- Selasa, 12 Oktober 2021 | 01:10 WIB
Arab Saudi buka pintu umrah bagi negara lain
Arab Saudi buka pintu umrah bagi negara lain

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Bendahara Umum Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (AMPHURI), Tauhid Hamdi, memberi apresiasi Kementerian Luar Negeri yang berhasil mendapatkan lagi izin umrah untuk jamaah Tanah Air dari Kerajaan Arab Saudi

"Kita mengapresiasi sekali kepada Menteri Luar Negeri telah menginisiasi pertemuan dengan Pemerintah Saudi Arabia di New York oleh Bu Retno, kemudian ditindaklanjuti oleh Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Luar Negeri Indonesia untuk pelaksanaan umrah ke depannya," kata Tauhid dilansir okezone.com, Senin (11/10/2021).

Ia mengatakan, perizinan ini baru nota diplomat Kedutaan Besar Arab Saudi. Kemudian nantinya akan lebih diperjelas terkait dengan perizinan kembali pelaksanaan umrah bagi calon jamaah dari Indonesia.

Selanjutnya, kata Tauhid, nantinya calon jamaah umrah yang akan lebih dulu diberangkatkan bagi yang sudah mendaftar dan mengantre sejak awal.

Lebih lanjut terkait kebijakan lainnya, seperti vaksinasi dan lainnya, akan mengikuti standar serta peraturan Kerajaan Arab Saudi. Ia berharap nantinya tidak akan ada yang memberatkan para jamaah.

"Mudah-mudahan tidak ada kebijakan yang memberatkan jamaah umrah. Misalnya, Vaksin Sinovac sudah dua kali maka tidak perlu diberikan Vaksin Pfizer dan tidak perlu adanya karantina lagi untuk jamaah umrah, baik di Arab Saudi maupun di Tanah Air," tuturnya.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi telah menyampaikan kabar baik tersebut soal keputusan Pemerintah Arab Saudi yang kembali mengizinkan jamaah Indonesia menunaikan ibadah umrah.

Retno menjelaskan, izin umrah diberikan sejalan dengan perkembangan penanganan covid-19 di Indonesia yang makin baik.

"Kedutaan telah menerima informasi dari pihak berkompeten di Kerajaan Saudi Arabia perihal pengaturan dimulainya kembali pelaksanaan umrah bagi jamaah umrah Indonesia," kata Menlu dalam konferensi pers secara virtual beberapa waktu lalu.(*)

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Okezone.com

Tags

Terkini

Andalas Santri's Camp di Padang Panjang Resmi Ditutup

Sabtu, 27 November 2021 | 14:15 WIB

Masjid di Padang Bakal Ramah Anak

Sabtu, 27 November 2021 | 07:37 WIB

Wako Fadly Amran Sampaikan Ranperda APBD 2022

Jumat, 26 November 2021 | 22:30 WIB
X