Cegah Politik Identitas pada Pemilu 2024, Bawaslu-Kemenag Teken MoU

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 13:47 WIB
Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita-  Kakan Kemenag Pasaman, Gusman Piliang photo bersama usai teken MoU
Ketua Bawaslu Pasaman, Rini Juita- Kakan Kemenag Pasaman, Gusman Piliang photo bersama usai teken MoU


PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Pemilu serentak tahun 2024 masih jauh. Namun Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Pasaman sudah gencar bergerak guna menyukseskan alek demokrasi lima tahunan itu.

Terbaru, Bawaslu Pasaman di bawah komando Rini Juita, baru saja menandatangani Perjanjian Kerjasama (MoU) dengan Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Pasaman. MoU tersebut mengenai pusat pendidikan pengawasan partisipatif.

"Jelang tahapan Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024, Bawaslu Kabupaten Pasaman lakukan perjanjian kerjasama dengan Kemenag Pasaman. MoU nya pada Senin (11/10/2021) lalu," ujar Ketua Bawaslu Pasaman saat dihubungi, Kamis (14/10/2021).

Penandatanganan MoU tersebut turut dihadiri, Bupati Pasaman, pimpinan Bawaslu Provinsi Sumatera Barat, Nurhaida Yetti, dan Kepala Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Gusman Piliang.

Menurut Rini Juita, MoU antara Bawaslu dengan Kemenag Kabupaten Pasaman tersebut memiliki arti penting karena akan dijadikan sebagai pusat pendidikan partisipatif di Kabupaten Pasaman pada Pemilu 2024 mendatang.

"Semoga dengan adanya perjanjian kerjasama ini, kita dapat bersama-sama mencegah politik identitas dalam pemilu, serta berbagai dugaan pelanggaran lainnya," katanya.

Kerjasama itu, lanjut Rini, merupakan tindak lanjut program pusat pendidikan pengawasan partisipatif Bawaslu RI yang sudah masuk pada tahun ketiga. Bahkan, kata wanita berhijab ini, hal itu sudah menjadi rencana pembangunan jangka menengah nasional yang dicanangkan Bawaslu Republik Indonesia.

"Maka kita akan terus menjalin kerjasama dengan Kementerian Agama Kabupaten Pasaman dalam rangka implementasi program pendidikan pengawasan partisipatif." ungkap Rini.

Bawaslu, kata Rini, memiliki mandat untuk mengawasi proses penyelenggaraan pemilu. Untuk menjalankan tugas pokok dan fungsinya itu, Bawaslu membutuhkan dukungan banyak pihak.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

BP4 Kota Pariaman Teken MoU dengan 4 KUA dan 71 Kades

Jumat, 15 Oktober 2021 | 23:44 WIB

Wabup Pesisir Selatan Buka Musda GOW di Gedung PCC

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:45 WIB

Wakil Wali Kota Solok Buka Bimtek Tim Penggerak PKK

Jumat, 15 Oktober 2021 | 22:40 WIB

Terpopuler

X