Wakil Bupati Agam Hadiri Rapat Koordinasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Sumbar

- Kamis, 14 Oktober 2021 | 21:38 WIB
Wakil Bupati Aham, Irwan Fikri saat menhadiri Rapat Koordinasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Sumatra Barat (Foto: Dokumentasi Agam Media Center)
Wakil Bupati Aham, Irwan Fikri saat menhadiri Rapat Koordinasi Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Sumatra Barat (Foto: Dokumentasi Agam Media Center)

AGAM, HARIANHALUAN.COM - Irwan Fikri, Wakil Bupati Agam, menghadiri Rapat Koordinasi (Rakor) Kependudukan dan Pencatatan Sipil se-Sumatra Barat. Rakor tersebut digelar oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Sumbar di Hotel Mercure Padang, Rabu (13/10/2021).

Rakor yang dibuka oleh Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldi tersebut dihadiri oleh Direktur Jendral (Dirjen) Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kementerian Dalam Negeri, Zudan Arif Fakrulloh sebagai narasumber, kepala daerah dan Kadis Dukcapil se-Sumbar.

Dilansir dari Agam Media Center (AMC), Kepala Disdukcapil Provinsi Sumbar menyampaikan, dengan adanya rakor ini, diharapkan dapat melahirkan database kependudukanuntuk dapat dimamfaatkan dalam berbagai urusan pelayanan publik dengan menggunakan NIK sebagai kunci akses.

“Sesuai dengan Perpres nomor 83 tahun 2021, tentang pencantuman dan pemanfaatan NIK atau NPWP dalam pelayanan publik. Maka tindak lanjut pemanfaatan NIK adalah wajib digunakan sebagai dasar pelayan publik. Sehingga kedepannya, NIK akan menjadi kunci akses dalam pelayanan publik,” ujarnya.

Saat ini, dalam pelayanan administrasi kependudukan banyak hal yang telah berubah, dimana perubahan tersebut dapat meringankan beban rakyat.

“Oleh sebab itu, agar pelaksanaanya dapat berjalan dengan efektif, diperlukan perubahan sikap dan perilaku serta pola pikir seluruh petugas pelayanan Disdukcapil,” ucapnya.

Dijelaskan, pada tahun 2022, dana alokasi khusus pelayanan administrasi kependudukan, baik di provinsi maupun kabupaten/kota tidak dianggarkan lagi.

Kepada bupati dan wali kota, pihaknya mengimbau, untuk memberi ruang atau akses terhadap pelayanan administrasi kependudukan agar dapat terlaksana dengan anggaran yang memadai. (*)

 

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Terkini

Ormas NU Solsel Gelar Konferensi Cabang 2021

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 00:09 WIB

Sinkron ke BPS, Nagari di Sumbar jadi Basis SID

Jumat, 22 Oktober 2021 | 15:30 WIB
X