Mulai Hari Ini, Sumbar Kembali Bebaskan Denda Pajak Kendaraan Bermotor

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 06:09 WIB
Kepala Bapenda Sumbar, Zaenuddin.
Kepala Bapenda Sumbar, Zaenuddin.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Pemprov Sumbar melalui Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Sumbar kembali memberikan keringanan kepada wajib pajak dengan membebaskan denda kendaraan bermotor di masa pandemi Covid-19.

Pembebasan denda tersebut digelar mulai hari ini, Jumat, 15 Oktober 2021 hingga Senin, 15 November 2021 mendatang.

Diberikannya pembebasan ini bertujuan untuk meringankan wajib pajak di masa pandemi Covid-19. Kebijkan ini dilakukan Bapenda karena wabah Covid-19 telah merusak sendi-sendi perekonomian masyarakat.

Selain itu penghapusan ini juga bertujuan untuk mendorong wajib pajak terutama pemilik kendaraan untuk membayarkan pajak kendaraannya yang telah jatuh tempo.

Sanksi administratif yang dihapus diantaranya denda yang dikenakan terhadap keterlambatan pembayaran PKB dan BBNKB II. Kemudian, gratis BBNKB II Pembebasan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor untuk kendaraan mutasi dalam dan luar Provinsi Sumbar.

Kepala Bapenda Sumbar, Zaenuddin mengatakan, untuk pembayaran tersebut dapat dilakukan pada seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pelayanan Satu Atap (Samsat) di Sumbar.

“Benar, ini dalam rangka relaksasi bagi masyarakat yang baru saja dilanda pandemi Covid-19,” ujar Zaenuddin.

Zaenuddin menyebutkan, keringanan tersebut adalah untuk denda administrasi pajak. Denda itu bagi pemilik kendaraan bermotor yang terlambat membayar pajak. Atau yang menunggak pajak kendaraan bermotor.

“Kita memahami dengan minimnya daya beli masyarakat membuat perekonomian menjadi lesu. Jelas ini juga berpengaruh pada ketaatan masyarakat membayar pajak. Untuk itu kita berikan keringanan dalam membayar pajak,” imbuh Zaenuddin.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Terkini

Pemko Padang Panjang Peringati Momentum Sumpah Pemuda

Kamis, 28 Oktober 2021 | 18:55 WIB

25 Nagari di Agam Gelar Pilwana Serentak

Kamis, 28 Oktober 2021 | 17:25 WIB

OPD Diminta Padang Panjang Diminta Bersinergi

Kamis, 28 Oktober 2021 | 16:55 WIB

Genius Umar Tinjau Proyek Infrastruktur di 3 Desa

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:38 WIB

Ini Pemenang Desain Batik Padang Pariaman

Rabu, 27 Oktober 2021 | 21:04 WIB
X