Terminal Anak Air Padang Belum Efektif, Angkot Pilih Ngetem di Pinggir Jalan

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 15:45 WIB
Terminal Anak Air Padang.
Terminal Anak Air Padang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Sejak 1 Oktober 2021 lalu, Terminal Anak Air yang terletak di Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang mulai diujicobakan. Namun terminal tersebut dinilai belum efektif lantaran sejumlah moda transportasi baik AKAP atau AKDP masih enggan memasuki terminal tersebut.

Sebagian sopir angkutan menyebutkan, sejumlah sarana yang ada di terminal belum memadai termasuk akses masuknya yang dianggap sangat kecil.

Baca Juga: Terminal Anak Air Mulai Beroperasi, Tersedia Sejumlah Fasilitas

Sehingga para sopir angkutan lebih memilih ngetem dan menaikan ataupun menurunkan penumpang di jalan. Begitu juga sebagian penumpang lebih memilih naik di pinggir jalan dibandingkan di terminal.

"Dulu AKAP, AKDP sampai sopir travel masuk ke dalam (terminal, red). Tapi kini tidak," kata Feri, salah seorang sopir bus.

Baca Juga: Terminal Anak Aia Ditargetkan Berfungsi 2018

Menurut Feri, banyaknya para sopir masuk ke terminal karena keberadaannya yang berada di dalam kampung. Kemudian Marka jalan tidak memadai.

"Sarana prasarana juga tidak memadai. Selanjutnya akses masuk juga sempit, itu akan sangat berisiko bisa menimbulkan kecelakaan. Lalu, mencari penumpang di terminal juga susah," ujar Feri.

Bagi Feri, terminal tersebut merupakan proyek gagal sehingga perlu dikaji ulang. Seharusnya terminal berada di pusat kota seperti pasar. Karena selama ini dia melihat tidak ada yang membangun terminal di dalam kampung. (*)

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Pengerjaan Jembatan di Sawahan Padang Picu Kemacetan

Kamis, 25 November 2021 | 11:45 WIB

98 Rumah Tidak Layak Huni di Padang Bakal Direhab

Kamis, 25 November 2021 | 06:22 WIB

Diskominfo Padang Hadir Memberi Edukasi Bagi Netizen

Rabu, 24 November 2021 | 06:20 WIB
X