Hebat, Bayi Baru Lahir Langsung Dapat Akta dan Identitas Anak di RSUD Solok Selatan

- Jumat, 15 Oktober 2021 | 21:03 WIB
Kepala Disdukcapil Solsel Efi Yandri dan Plt Direktur RSUD Solsel Tony Hardian saat meluncurkan program kerjasama BAHAGIA (Harianhaluan.com)
Kepala Disdukcapil Solsel Efi Yandri dan Plt Direktur RSUD Solsel Tony Hardian saat meluncurkan program kerjasama BAHAGIA (Harianhaluan.com)

SOLOK SELATAN, HARIANHALUAN.COM - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Solok Selatan (Disdukcapil Solsel) berikan kemudahan pelayanan terhadap bayi yang baru lahir untuk peroleh akta kelahiran dan identitas anak, bagi Ibu yang menjalani persalinan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) setempat.

Kepala Disdukcapil Solsel, Efi Yandri mengatakan inovasi pelayanan Ibu dan bayi tersebut diharapkan mampu untuk mempermudah masyarakat dalam mengurus dokumen kependudukan.

Menurutnya, inovasi yang dinamakan "BAHAGIA" itu merupakan singkatan dari 'Bayi Lahir dapat Akta Juga Identitas Anak'.

Baca Juga: Disdukcapil Solok Selatan Buka Pelayanan Hari Minggu, Pengurusan 7 Jenis Dokumen Kependudukan Ini Meningkat

"Program inovasi ini adalah kerja sama antara Disdukcapil dengan RSUD Solsel," kata Efi Yandri ketika dihubungi Harianhaluan.com, Jumat (15/10/2021).

Dia menyatakan dalam menjalankan inovasi BAHAGIA nantinya, pihak RSUD melalui Direktur bakal menunjuk petugas. Dimana, petugas tersebut melakukan pengiriman dokumen persyaratan dalam bentuk file gambar (jpg).

"Jadi usai bayi lahir, petugas RSUD bakal meminta dokumen kepada keluarga yang bersangkutan. Dokumen tersebut diantaranya Kartu Keluarga (KK), Surat Nikah, Surat Keterangan Kelahiran dari RSUD dan Foto KTP-el orang tua bayi," ujarnya.

Dokumen yang dibutuhkan tersebut, imbuhnya berupa file foto atau gambar yang akan dikirim ke Disdukcapil Solsel oleh petugas RSUD. Selanjutnya, bakal mengirimkan file tersebut melalui pesan WhatsApp ke staf Disdukcapil atau bisa langsung ke Kepala Dinas.

"Nah, berdasarkan dokumen yang dikirim. Disdukcapil akan menerbitkan KK baru, dimana nama anak yang lahir ada di dalamnya. Menerbitkan Akta Kelahiran Anak dan Kartu Identitas Anak (KIA)," tutupnya. (*)

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Tags

Terkini

TP-PKK Agam Studi Komparatif ke Jambi

Selasa, 7 Desember 2021 | 20:56 WIB

Ketua PKK Kota Pariaman Serahkan Insentif Dasawisma

Selasa, 7 Desember 2021 | 17:45 WIB

Bupati Agam: LGBT Ancaman Bagi Generasi Harapan Bangsa

Selasa, 7 Desember 2021 | 15:02 WIB
X