Amankah Minum Obat Herbal? Simak Penjelasan Kemenkes RI

Nova Anggraini
- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 03:55 WIB
Ilustrasi obat herbal  (Foto: Pixabay)
Ilustrasi obat herbal (Foto: Pixabay)

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM – Pengobatan herbal sudah lama dikenal masyarakat Indonesia dan menjadi resep turun-temurun dalam mengatasi penyakit. Belakangan, banyak kalangan yang kembali melirik cara pengobatan ini sebagai alternatif dari pengobatan kimia atau medis.

Namun sebenarnya, amankah menggunakan obat herbal untuk mengatasi serangan penyakit?

Saat ini semakin banyak jenis obat herbal yang beredar, ada yang berasal dari dedaunan tanaman, buah, bunga, kulit kayu, hingga akar-akaran.

Beragam klaim pun disebutkan, obat herbal disebut bisa mengatasi masalah kesehatan mulai dari yang kronis hingga akut, bahkan juga disebut berperan dalam memperbaiki kehidupan seksual seseorang.

Jika dilihat dari bahan pembuatannya, herbal yang berasal dari alam mungkin saja lebih cocok untuk tubuh. Namun, tidak menutup kemungkinan jenis obat ini juga bisa memberi dampak tidak baik ke tubuh.


Mengenal Manfaat dan Risiko Efek Samping Obat Herbal

Meski dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, tetapi tidak semua jenis herbal ternyata aman untuk dikonsumsi. Tak hanya itu, ternyata tidak semua orang boleh mengonsumsi obat herbal.

Ada beberapa kondisi medis yang mungkin tidak cocok dengan kandungan-kandungan dalam jenis obat ini, misalnya rasa yang terlalu asam atau terlalu pahit. Peredaran obat herbal juga belum diatur dengan ketat oleh badan yang berwenang, dalam hal ini BPOM.

Sebenarnya, tidak ada salahnya mengonsumsi obat herbal. Namun, untuk menjaga keamanan pastikan mengonsumsi produk yang sudah dibuktikan secara ilmiah sebelumnya.

Obat herbal perlu melewati serangkaian proses uji klinis sebelum dinyatakan aman dikonsumsi. Obat herbal juga harus melewati uji dosis, efektivitas, cara penggunaan, serta efek yang mungkin muncul saat berinteraksi dengan senyawa lain saat masuk ke dalam tubuh.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Sumber: Halodoc.com

Tags

Terkini

Delapan Tips Beli Kandang Peliharaan Agar Tetap Sehat

Sabtu, 13 Agustus 2022 | 14:42 WIB

BPKB Dishub Kota Pariaman Terapkan Pembayaran Online

Jumat, 12 Agustus 2022 | 21:13 WIB
X