Tingkatkan Kemampuan Digital UMKM Sumbar, JNE Gelar Pelatihan Intensif Bertajuk UMKMinangkabau

Heldi Satria
- Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:25 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

HARIANHALUAN.COM - Berdasarkan data dari Dinas Koperasi dan UMKM Sumatera Barat (Sumbar) terdapat 596.100 UMKM yang tersebar di seluruh Kabupaten/Kota di daerah tersebut. Data tersebut di luar sektor pertanian dan peternakan.

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia juga memberikan dampak kepada UMKM di Sumbar. Namun, beberapa UMKM juga berhasil bertahan dengan mengadopsi teknologi informasi dalam menjalankan usahanya.

Melihat besarnya pontensi UMKM di Sumbar JNE Padang berkolaborasi dengan SHJD Creative dan Harianhaluan.com mengembangkan program pelatihan intensif untuk meningkatkan kemampuan digital UMKM Sumbar. Program dengan nama “UMKMinangkabau” tersebut berbentuk worskhop selama 5 hari penuh dengan pemateri para expert yang sudah berpengalaman dalam pemanfaatan digital dalam bisnis.

Kegiatan yang akan digelar di beberapa daerah di Sumbar ini akan diawali di Kota Padang pada tanggal 25-29 Oktober 2021, berlokasi di Haluan HUB Coworking Space yang berada di Gedung Basko Lantai 4. Agar hasil program ini mendapatkan hasil yang baik, UMKM yang ikut akan dikurasi terlebih dulu dan dibatasi untuk 20 peserta dengan mendaftar terlebih dulu melalui link : https://forms.gle/xZEuZovhDpxgbDhN8.

Kepala JNE Cabang Padang, Yusran mengatakan program ini dikembangkan agar UMKM di Sumbar bisa meningkatkan transaksi digital dan diharapkan mampu diterapkan dengan baik oleh pelaku UMKM setelah pelatihan selesai.

Baca Juga: Politisi PDIP Sarankan Rocky Gerung Bangun dari Mimpi, Ada Apa?

“Tujuan melakukan kegiatan ini agar UKM khususnya di Sumbar dapat maju berkembang meningkatkan transaksi di digital, memahami branding sehingga dapat dikenal luas dari sabang sampai merauke, ini adalah tindaklanjut dari program golaborasi JNE UKM yg sdh di laksanakan sebelumnya, acara golaborasi tersebut dibuka oleh wako Padang pak Hendri Septa dan dihadiri lebih dari 200 UKM,” terang Yusran saat dihubungi Harianhaluan.com.

Dengan segala kemudahan teknologi yang hadir saat ini UMKM di Sumbar bisa berkembang jika bisa memanfaatkan hal tersebut. Apalagi dalam kebutuhan transportasi dan pengiriman JNE juga mempunyai sejumlah program menarik seperti fullfilment.

Yusran menyebutkan dengan program fullfilment ini UMKM akan sangat terbantu karena dengan program ini JNE akan membantu proses pengepakan barang dan pengiriman sehingga UMKM hanya perlu memikirkan produksi dan pemasaran.

Halaman:

Editor: Heldi Satria

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Kota Sawahlunto Dapat Dua Penghargaan dari JKPI

Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:11 WIB

Wakapolda Tinjau Sumdarsin di Polda Sumbar

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:43 WIB

Perguruan Thawalib Peringati Hari Disabilitas

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:44 WIB

Gubernur Sumbar Resmikan Surau Al-Ikhlas Taluak Agam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:32 WIB
X