Harga Mulai Stabil, Petani Karet di Pasaman Senang

- Senin, 18 Oktober 2021 | 08:09 WIB
Petani karet kembali bergairah menyusul stbalinya harga karet saat ini.
Petani karet kembali bergairah menyusul stbalinya harga karet saat ini.

PASAMAN, HARIANHALUAN.COM -- Lama anjlok, kini harga komoditas karet di tingkat petani di Kabupaten Pasaman, mulai stabil sebesar Rp 8 ribu sampai Rp10 ribuan per kilogram. Kondisi ini membuat petani setempat senang.

"Alhamdulillah, sangat bersyukur, harga karet terus stabil dan harga ini tentu memberikan harapan yang baik bagi petani," ujar petani karet Lela, kepada harianhaluan.com, Senin (18/10/2021).

Ia mengatakan, bahwa petani karet di Nagari Sontang Cubadak, Kecamatan Padanggelugur tersebut menilai dengan kondisi harga yang stabil memberikan semangat bagi petani untuk terus menyadap karet.

"Kini sih, harganya Rp8 ribuan per kilogramnya. Mengalami penurunan sebesar Rp2 ribu dibanding pekan kemarin, yakni Rp10 ribu dan pernah mencapai Rp12.500 per kilogramnya," katanya.

Ibu tiga anak ini berharap harga karet saat ini terus membaik, sehingga daya beli dan kesejahteraan petani semakin baik pula.

"Semoga harga karet terus baik seperti ini dan makin naik. Petani sangat bergantung dengan kondisi harga karet karena sebagai sumber pendapatan," pungkas Lela.

Terpisah, Asmar Daulay, petani karet dari Rao Selatan mengakui, bahwa harga karet saat ini terbilang tinggi dan harapannya terus naik lagi.

"Harga karet saat ini berkisar Rp9 ribu sampai Rp10 ribuan per kilogram, kalau kualitas karetnya bagus. Harga ini lumayan baik. Namun, petani berharap harga naik lagi," ungkap Asmar. (*)

Editor: Rahma Nurjana

Tags

Terkini

Kota Sawahlunto Dapat Dua Penghargaan dari JKPI

Sabtu, 4 Desember 2021 | 19:11 WIB

Wakapolda Tinjau Sumdarsin di Polda Sumbar

Sabtu, 4 Desember 2021 | 18:43 WIB

Perguruan Thawalib Peringati Hari Disabilitas

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:44 WIB

Gubernur Sumbar Resmikan Surau Al-Ikhlas Taluak Agam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:32 WIB
X