Diduga Simpan Sabu, Terdakwa Yasin Yusuf Dituntut 1 Tahun Penjara

- Senin, 18 Oktober 2021 | 20:12 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi

PADANG,HARIANHALUAN.COM - Diduga melakukan penyalahgunaan narkotika jenis sabu. Terdakwa Yasin Yusuf dinyatakan bersalah oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) sehingga dijatuhi hukuman pidana penjara. 

"Menjatuhkan hukuman pidana kepada terdakwa selama satu tahun penjara," kata JPU Dewi saat membacakan amar tuntutannya, di Pengadilan Negeri Kelas IA Padang, Senin (18/10/2021).

JPU berpendapat, terdakwa melanggar pasal127 ayat (1) huruf a Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika jo pasal 55 ayat (1) ke1 KUHP.

"Hal-hal yang memberatkan terdakwa tidak mendukung program pemerintah yang sedang genjar-genjarnya memberantas narkoba," ujarnya.

Terdakwa yang didampingi oleh Penasihat Hukum (PH) Bundo cs, akan mengajukan nota pembelaan, pada persidangan minggu depan. Sidang yang diketuai oleh Yose Ana Roslinda, akhirnya menunda sidang pekan depan.

Dalam dakwaan disebutkan, 26 November 2020 sekitar pukul 10.30 WIB ditemukan satu paket kecil narkotika jenis sabu-sabu dilantai kamar sel tahanan. Dimana sabu-sabu tersebut milik dari terdakwa dan rekannya bernama Riyan. Barang haram tersebut didapat dengan cara dibeli, terdakwa membelinya dengan Anto.

Anto pun menyembunyikan sabu-sabu tersebut di dalam kotak rokok merk dunhill. Rokok tersebut dititip kepada tukang air galon yang sering ke luar masuk ke Polsek Padang Utara. Agar dapat terdakwa Yasin Yusuf bisa berkomunikasi dengan Anto, terdakwa menggunakan satu unit handphone merek vivo.

Dimana hand phone tersebut, dimasukkan ke sel tahanan melalui tukang galon.Terdakwa memesan barang haram tersebut dengan harga Rp500 ribu.

Polisi yang curiga atas gerak gerik para tahanan dilakukanlah pemeriksaan sehingga, pemeriksaan. Saat pemeriksaan ditemukan sabu seberat 0,16 gram, satu unit hand phone, uang sebesar Rp12.000.000, pipet, dan alat hisap lainnya. (*)

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Terkini

Pemko Padang Terima Bantuan Sembako dan Beasiswa

Selasa, 30 November 2021 | 08:50 WIB
X