Anak dari Nia Daniati Terlibat Calo Penerimaan CPNS, Tjahjo Kumolo Minta Polisi Usut Tuntas

- Selasa, 19 Oktober 2021 | 04:10 WIB
Anak Nia Daniaty ,Olivia Nathania, Saat datang Ke Polda Metro Jaya . Foto: Dok / Pikiranrakyat.com
Anak Nia Daniaty ,Olivia Nathania, Saat datang Ke Polda Metro Jaya . Foto: Dok / Pikiranrakyat.com

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo meminta Polda Metro Jaya segera untuk mengusut tuntas praktik percaloan penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang melibatkan Olivia Nathania, anak artis Nia Daniati.

“Kami telah meminta Polda Metro Jaya agar mengusut tuntas calo CPNS ini, termasuk pihak-pihak yang terlibat,” tegas Menteri Tjahjo, dikutip dari laman Kementerian PANRB, Senin (18/10/2021).

Tindakan tegas itu perlu diberikan kepada anak artis Nia Daniati tersebut supaya ada efek jera, karena yang bersangkutan dengan sengaja membawa-bawa nama Kementerian PANRB dan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Menteri Tjahjo menegaskan, pemerintah menjamin tes seleksi CPNS atau calon aparatur sipil negara (CASN) dilakukan secara transparan dan akuntabel tanpa dipungut biaya sepeser pun.

Pelaksanaan seleksi CASN dilakukan dengan computer assisted test (CAT), sehingga sulit bagi pihak lain untuk memengaruhi hasilnya. Bahkan, nilai seleksi kompetensi dasar (SKD) CPNS kali ini disiarkan langsung melalui akun YouTube BKN.

"Jika ditemukan ada iming-iming untuk menjadi CPNS di luar prosedur dan tidak sesuai ketentuan, maka dipastikan itu adalah penipuan. Siapapun tidak dapat membantu, kecuali dirinya sendiri,” ujar Menteri Tjahjo.

Untuk itu, ia meminta masyarakat yang mengetahui hal tersebut untuk melaporkannya kepada pihak berwajib.

Jual Beli Vaksin

Menteri Tjahjo meminta kepada Pejabat Pembina Kepegawaian (PPK) kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah untuk saling mengingatkan kepada seluruh jajarannya untuk memahami area rawan korupsi.

Halaman:

Editor: Jefli Bridge

Terkini

Langkah Menjaga Keamanan Rumah Yang Patut Diterapkan

Sabtu, 4 Desember 2021 | 17:25 WIB

Perguruan Thawalib Peringati Hari Disabilitas

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:44 WIB

Bupati Andri Warman Buka Musda LKAAM Agam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 12:11 WIB

Gubernur Sumbar Resmikan Surau Al-Ikhlas Taluak Agam

Sabtu, 4 Desember 2021 | 09:32 WIB

Pilot Cathay Pasific Mundur Massal, Ada Apa?

Sabtu, 4 Desember 2021 | 07:05 WIB
X