Berpotensi Rugikan Negara Rp42,15 Miliar, Jutaan Batang Rokok dan Miras Ilegal Disita

Dodi Caniago
- Rabu, 20 Oktober 2021 | 00:46 WIB
  Petugas Bea Cukai Batam sedang melakukan razia di salah satu toko di Kota Batam. (Ist-Haluanke[pri.com)ewa)
Petugas Bea Cukai Batam sedang melakukan razia di salah satu toko di Kota Batam. (Ist-Haluanke[pri.com)ewa)

HARIANHALUAN.COM - Operasi cukai (Opcuk) digelar Bea Cukai Batam di beberapa titik di wilayah kerja Bea Cukai Batam, Provinsi Kepri. Dalam kegiatan tersebut  disita barang hasil penindakan sebanyak 63,44 juta batang rokok ilegal dan 553,1 liter miras ilegal, dengan total nilai barang Rp65,8 miliar. Dari barang tersebut berpotensi merugikan negara hingga Rp42,15 miliar.

Baca Juga: Menyedihkan! Kematian Harimau di Areal HPK Bengkalis Akibat Luka Jeratan

Kepala Kantor Pelayanan Utama Bea dan Cukai Batam, Ambang Priyonggo mengatakan, peredaran rokok dan miras ilegal dapat menyebabkan persaingan yang tidak sehat antara produsen legal dengan yang ilegal.

"Oleh karena itu, pemerintah hadir dan berkomitmen untuk memberantas peredaran rokok ilegal," ujar Ambang, dilansir haluankepri.com, Selasa (19/10/2021).

Dikatakan Ambang, selaras dengan program Gempur Rokok Ilegal yang diinisiasi oleh Kantor Pusat Direktorat Jenderal Bea dan Cukai untuk melaksanakan kegiatan pemberantasan rokok ilegal secara serentak dan terpadu se-Indonesia.

Bea Cukai Batam menindaklanjuti dengan melaksanakan berbagai strategi dan operasi, seperti operasi pasar atau Opcuk dengan call sign Gempur pada 16 Agustus 2021 sampai dengan 9 Oktober 2021.

“Selama periode opcuk, Bea Cukai Batam berhasil melaksanakan penindakan pada 20 tempat berbeda, seperti di wilayah Sekupang, Batam Center, Punggur, Bengkong,” ucap Ambang.

Dijelaskannya, dari 20 tempat tersebut, Bea Cukai Batam berhasil mengamankan berbagai merek rokok dan miras ilegal.

Rokok ilegal berhasil diamankan sebanyak 64.331.764 batang, sedangkan miras ilegal berhasil diamankan sebanyak 553,1 liter.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: haluankepri.com

Tags

Terkini

Tjahjo Kumolo Beberkan 8 Area Rawan Korupsi bagi PNS

Kamis, 9 Desember 2021 | 05:10 WIB
X