108 Hektare Lahan Sumbar tak Ada Kejelasan Hukum

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 13:45 WIB
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar Anwarudin Sulistyono
Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar Anwarudin Sulistyono

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Sumbar Anwarudin Sulistyono menyebutkan, tugas kejaksaan bukan hanya penuntutan tetapi juga pengamanan pembangunan.

"Perintah dari pimpinan, kejaksaan juga harus berperan dalam pemulihan ekonomi nasional dan menjaga aset pemerintah," ujarnya.

Baca Juga: Ratusan Hektare Lahan Sawah Terdampak Tol Solo-Jogya, DPKPP Klaten Pastikan Produksi Beras Tak Berkurang

Ia menilai sangat disayangkan dalam masa sulit, Pemprov Sumbar memiliki aset lahan 108 hektare yang memiliki nilai tinggi tapi tidak ada kejelasan secara hukum.

"Karena itu berdasarkan surat dari gubernur, kami sudah tugaskan Asisten Perdata dan Tata Usaha Negara dengan anggota koordinator Fahri dan Remon untuk masuk dalam tim yang dibentuk untuk membantu memberikan kejelasan aset secara yuridis sehingga bisa clean and clear," katanya.

Baca Juga: Optimalkan Halaman Masjid Jadi Lahan Pertanian Modern, Erick Thohir Puji Terobosan PLN

Ia mengatakan sekelumit sejarah tentang lahan PIP tersebut, awalnya Pemprov Sumbar bersama pihak lain mendirikan PT Andalas Rekasindo Pratama (ARP). Dalam pendirian perusahaan itu pemprov Sumbar menyetor aset lahan seluas 108 hektare dengan komposisi sahan 55 persen.

"Komposisi saham Pemprov Sumbar sebanyak 55 persen itu artinya secara hukum adalah Badan Usaha Milik Daerah. Secara hukum angka 55 persen saham milik Pemrov itu asetnya adalah keuangan negara sehinga aparat penegak hukum bisa masuk jika terjadi dugaan penyimpangan dengan dasar UU tentang Badan Usaha Milik Negara," katanya.

Berdasarkan hal itu, maka PT. ARP dapat dikategorikan sebagai perusahaan yang mengelola keuangan negara.

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Andalas Santri's Camp di Padang Panjang Resmi Ditutup

Sabtu, 27 November 2021 | 14:15 WIB

Wako Fadly Amran Sampaikan Ranperda APBD 2022

Jumat, 26 November 2021 | 22:30 WIB
X