Perkuat Perikanan Sumbar, 43 Ribu Ekor Ikan Gariang Ditebar

- Rabu, 20 Oktober 2021 | 17:05 WIB
Menebar benih ikan Gariang.
Menebar benih ikan Gariang.

PADANG, HARIANHALUAN.COM - Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melakukan menebarkan ikan gariang sebanyak 43.000 ekor di Sungai Bengkawas, Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar.

Penebaran bibit itu sesuai dengan program Pemprov Sumbar untuk memperkuat perikanan darat. Ikan itu nanti diharapkan juga akan memperkuat perekonomian masyarakat setempat.

Baca Juga: 5.000 Ekor Benih Ikan Ditebar di Kawasan Taman Spora Pessel

"Ikan gariang ini punya potensi besar untuk dikembangkan karena cocok dengan sungai di Sumbar yang masih jernih. Harganya juga cukup tinggi sehingga akan membantu perekonomian masyarakat," ujarnya.

Ia mengusulkan kalau bisa aliran sungainya bisa dikelola pula sebagai destinasi wisata. Dengan demikian masyarakat juga akan merasa memiliki dan menjaga secara bersama.

Baca Juga: 7 Ribu Ekor Benih Ikan Mas dan Nila Ditebar di Embung Roboh Ketek Padang Pariaman

"Semangat itulah yang dituju saat dilakukan gerakan kembali ke nagari saat awal-awal reformasi. Saat ini Pemprov Sumbar juga fokus untuk melaksanakan program berbasis nagari seperti dibentuknya nagari tageh," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Mahyeldi juga melakukan peletakan batu pertama Masjid Baburrahim Jorong Batu Basa, Nagari Batu Basa, Kecamatan Pariangan, Kabupaten Tanah Datar yang diinisiasi pemuda dengan anggaran diperkirakan Rp21,3 miliar.

"Ini sangat luar biasa. Rencananya diinisiasi generasi muda yang kemudian di dukung oleh seluruh masyarakat di ranah dan rantau," pujinya

Halaman:

Editor: Milna Miana

Tags

Terkini

Wako Fadly Amran Sampaikan Ranperda APBD 2022

Jumat, 26 November 2021 | 22:30 WIB

Bupati Agam Lepas 40 Bibit Ikan di Launching Baganang

Jumat, 26 November 2021 | 16:45 WIB

PLN Resmikan Lisdes di Empat Desa Kabupaten Agam

Jumat, 26 November 2021 | 16:10 WIB

Polda Sumbar Kembali Buka Gebyar Vaksinasi Sabtu Depan

Jumat, 26 November 2021 | 12:30 WIB
X