Sertifikat Vaksin di India, Warga Malah Protes Keras Ada Foto Perdana Menteri

Dodi Caniago
- Rabu, 20 Oktober 2021 | 23:55 WIB
 Perdana Menteri Narendra Modi (livemint.com)
Perdana Menteri Narendra Modi (livemint.com)

HARIANHALUAN.COM - Keberadaan foto Perdana Menteri Narendra Modi di sertifikat vaksin Covid-19, diperotes keras sejumlah warga India. Mereka mempertanyakan urgensinya.

Baca Juga: Tegas! Bamus Betawi Haramkan Mustafa Kemal Ataturk Jadi Nama Jalan di Jakarta

Laporan BBC seperti beritasatu.com, Rabu (20/10/2021), pengadilan di negara bagian Kerala di India selatan akan mendengarkan petisi minggu depan dari seorang warga yang tidak senang keberadaan foto PM Modi itu.

Pria, yang dikenal sebagai Peter M, menginginkan sertifikat baru tanpa foto Modi karena dia menganggap foto Modi telah melanggar hak-hak dasarnya. Peter M adalah aktivis hak informasi berusia 62 tahun dan anggota partai Kongres oposisi utama India.

"Dengan meletakkan fotonya di sertifikat saya, dia menyusup ke ruang pribadi warga. Ini tidak konstitusional dan saya meminta perdana menteri yang terhormat untuk segera menghentikan tindakan yang salah dan memalukan ini," ujar Peter kepada BBC di telepon dari rumahnya, di Kecamatan Kottayam.

"Itu tidak pantas dalam demokrasi dan sama sekali tidak berguna bagi bangsa atau individu mana pun," tambahnya.

Selain detail pribadi individu tersebut, sertifikat vaksin yang dikeluarkan oleh kementerian kesehatan India memuat foto Modi bersama dengan dua pesan dalam bahasa Inggris dan bahasa lokal.

Pada Agustus, Menteri Kesehatan junior Bharati Pravin Pawar mengatakan kepada parlemen bahwa foto dan kutipan teks itu dimasukkan untuk kepentingan publik yang lebih besar. Foto dan teks itu mendorong orang mengikuti perilaku yang sesuai dengan Covid bahkan setelah inokulasi.

“Tapi mereka yang telah menggunakan vaksin sudah yakin akan kegunaannya dan pesan dalam sertifikat tidak lebih dari berkhotbah kepada orang yang bertobat” sindir Peter M.

Halaman:

Editor: Dodi Caniago

Sumber: beritasatu.com

Tags

Terkini

Potong Anggaran untuk MPR, Ini Alasan Sri Mulyani

Kamis, 2 Desember 2021 | 06:10 WIB

Kasus HIV/AIDS di Bukittinggi Turun

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:30 WIB
X