Kenali 5 Tipe Sandwich Generation, Kamu yang Mana?

- Kamis, 21 Oktober 2021 | 20:00 WIB
Launching #BetterSandwichGen dari Astra Life, Kamis (21/10/2021).
Launching #BetterSandwichGen dari Astra Life, Kamis (21/10/2021).

JAKARTA, HARIANHALUAN.COM - Generasi Sandwich adalah mereka yang berada di tengah himpitan antara tuntutan merawat orang tua dan membiayai kebutuhan anak atau keluarga lain yang bergantung kepada mereka.

Menurut Ancilla Lily, Head of Bancassurance & Direct Bussiness Astra Life, pada saat launching #BetterSandwichGen, Kamis (21/10/2021), fenomena ini dapat dirasakan siapa saja yang memiliki orang tua dan anak-anak yang membutuhkan dukungan finansial pada saat yang sama.

"Menjadi Sandwich Generation bukanlah sebuah pilihan. Yang jadi pilihan adalah bagaimana kita mengelola finansial," ujarnya.

Terdapat lima macam Sandwich Generation yang dipaparkan Astra Life, yaitu;

1. Open Faced Sandwich. Mereka adalah orang yang membiayai suami atau istri ditambah orang tua.

2. Extended Open Faced Sandwich. Mereka adalah orang yang membiayai suami atau istri, ditambah orang tua dan saudaranya.

3. Traditional Sandwich. Mereka adalah orang yang membiayai suami atau istri, ditambah orang tua dan anak.

4. Extended Traditional Sandwich. Mereka adalah orang yang membiayai suami atau istri, ditambah orang tua, ditambah anak dan saudaranya.

5. Club Sandwich. Mereka adalah orang yang membiayai suami atau istri, ditambah orang tua, ditambah orang tua dari orang tua dan anak.

Ancilla menambahkan, mereka yang berada di generasi sandwich harusnya mampu mengelola finansial dengan membuat neraca keuangan sederhana, dengan begitu dapat menciptakan proteksi dari hal yang paling mendasar.

Halaman:

Editor: Nova Anggraini

Tags

Terkini

X