Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan Pesisir Selatan Selenggarakan MTQ ke-3 Tingkat Kecamatan

Rahma Nurjana
- Jumat, 22 Oktober 2021 | 08:52 WIB
Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan Pesisir Selatan Selenggarakan MTQ ke-3 Tingkat Kecamatan (Foto: pesisirselatakab.go.id)
Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan Pesisir Selatan Selenggarakan MTQ ke-3 Tingkat Kecamatan (Foto: pesisirselatakab.go.id)

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan ke-3 Tahun 2021 yang diinisiasi oleh Forum Wali Nagari Se-Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan akan dilaksanakan di Pasar Raya Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Sumatera Barat (Sumbar) Rabu 20 Oktober 2021.

Adapun cabang yang diperlombakan sebanyak delapan cabang, Tilawah, Tartil Dasar dan Menengah, Bintang Qasidah, Syarhil Qur'an, Khutbah Jum'at, Tahfiz Qur'an, Kaligrafi dan Fahmil Antar Majlis Taklim, sedangkan juri yang dilibatkan sebanyak 14 juri meliput dari Penyuluh Agama, Imam Besar Mesjid, Ulama, Qori dan Qoriah.

"Dari delapan cabang, tiga diantaranya, ada dua golongan anak-anak dan remaja yakni cabang Tilawah,Tartil Dasar dan Menengah, serta Bintang Qasidah. Untuk titik fokus penilaian sesuai dengan cabang yang dilombakan, salah satu yang dinilai adalah Tajwid, Fasah, dan Suara atau Lagu Irama," ujar Nasrizal Rici, dikutip dari pesisirselatankab.go.id, Jumat (22/10/2021)

Pada kesempatan yang sama, Camat Basa Ampek Balai Tapan, Aflizen, S.Sos menjelaskan, kegiatan MTQ ini didanai oleh Pemerintah Nagari se-Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan Bank Nagari Cabang Tapan.

Lebih lanjut Aflizen menjelaskan, kegiatan ini menjadi evaluasi tentang Taman Pendidikan Al Quran (TPA) dan Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA) di masing-masing nagari di Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan. 

"Harapan kedepan agar generasi  muda semakin mampu bersaing dalam kegiatan perlombaan MTQ ditingkat kecamatan, kabupaten ataupun provinsi," jelas Aflizen. 

Aflizen mengatakan, pemerintah kecamatan Basa Ampek Balai Tapan sangat mengapresiasi kegiatan MTQ tersebut karena merupakan satu-satunya yang diinisiasi oleh Forum Nagari se-Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan.

"Ini adalah kegiatan rutin yang dilakukan 2 tahun sekali dan ini merupakan kegiatan MTQ ketiga kalinya. Pada kegiatan MTQ Pertama, juara umum dimenangkan dari Nagari Tanjung Pondok Tapan. MTQ Kedua dimenangkan dari Nagari Batang Betung Tapan. Tentunya ditahun Ini  kita juga akan melihat siapa yang akan meraih Juara Umum. Sekali lagi kami sangat bersyukur karena melalui kegiatan MTQ ini, setidaknya kita sudah berhasil menghasilkan 15 Khalifah, 8 diantaranya dari Kecamatan Basa Ampek Balai Tapan dan 7 dari Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan," tambah Camat tersebut. 

Pada kegiatan lomba MTQ ini, para peserta tetap menerapkan protokol kesehatan, karena pada saat ini masih dalam masa pandemi Covid-19. (*)

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: rilis

Tags

Terkini

Sejuta Manfaat Dirasakan dari Aplikasi Mobile JKN

Kamis, 2 Desember 2021 | 15:20 WIB

Dharmasraya Peringati Hari Bhakti PU ke-76

Kamis, 2 Desember 2021 | 14:15 WIB
X