Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0311 Latihan Membatik Jumputan dengan Iwabri Cabang Painan

Rahma Nurjana
- Sabtu, 23 Oktober 2021 | 06:45 WIB
Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0311 Latihan Membatik Jumputan dengan Iwabri Cabang Painan
Persit Kartika Candra Kirana Kodim 0311 Latihan Membatik Jumputan dengan Iwabri Cabang Painan

PESISIR SELATAN, HARIANHALUAN.COM -- Dalam upaya mempererat tali silaturahmi antar organisasi, Iwabri (Ikatan Wanita Bank Rakyat Indonesia) Tk Cabang Painan beserta Persit Kartika Chandra Kirana Cabang LXV Kodim 0311 mengadakan kegiatan pelatihan pembuatan batik jumputan dengan tajuk “Kreasi Batik Jumputan” bertempat di Aula BRI Cabang Painan.

Kegiatan ini dihadiri oleh ketua persit Cabang LXV Kodim 0311/Pessel dan perwakilan anggota dari masing-masing organisasi dan pengisi materi Dewi Hapsari dari Batik Lunang.

Pembuatan batik jumputan dilakukan dengan tangan (handmade) melalui 4 pilihan metode, yaitu dengan kelereng, lidi, tali rafiah, atau hanya dengan metode lipatan saja. Sedangkan proses pewarnaan menggunakan pewarna alami berbahan gambir atau pewarna sintetis. Dalam waktu kurang lebih 3 jam, para peserta pelatihan mampu menghasilkan berbagai jenis motif jumputan sesuai kreasi masing-masing.

Dalam sambutannya, Ketua Iwabri Tk Cabang Painan, Anya Wisnu Wirawan menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kompetensi anggota serta silaturahmi antara anggota Iwabri dan Persit di Painan

"Berharap agar ilmu ini bisa diteruskan kepada anggota lainnya, serta semoga Iwabri dan Persit dapat terus meningkatkan kemampuan anggota dalam seni budaya dan bidang lainnya," ungkap Anya Wisnu Wirawan, Jumat, (22/10).

Pada kesempatan yang sama, Ketua Persit KCK Cabang LXV Kodim 0311, Anaztasia Gamma Arthadilla Sakti menyampaikan bahwa peserta dari Persit terdiri dari para ketua ranting dari seluruh Koramil yang berada di Pesisir Selatan.

"Diharapkan bisa membagikan ilmu keterampilan ini kepada anggota di masing-masing ranting di Koramil. Serta mengapresiasi kerjasama dari Iwabri dan Dewi Busana Batik Lunang," katanya, dikutip dari pesisirselatankab.go.id, Sabtu (23/10/2021).

Komandan Kodim 0311/ Pessel, Letkol Inf Gamma Arthadilla Sakti selaku Pembina Persit KCK Cabang LXV Kodim 0311 meninjau pelatihan sekaligus sebagai bentuk motivasi bagi anggota Persit KCK yang mengikuti kegiatan.

Sementara, Dewi Hapsari sebagai pengisi materi dan pengajar menyampaikan bahwa keterampilan ini dapat bermanfaat bagi ibu-ibu terutama di masa pandemi.

Halaman:

Editor: Rahma Nurjana

Sumber: Rilis

Tags

Terkini

X